Kamis, 17 Maret 2011

kkm basa jawa smp

REKAPITULASI HASIL PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

Nama Sekolah : SMP Al Islam Cipari
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
KKM Kelas/sem : VII/1

No Standar Kompetensi
(SK) No Komptensi Dasar
(KD) Materi No Indikator Penentuan KKM dari Faktor Rata-rata Indikator Rata-rata KD Rata-rata SK KKM Mapel
K DD IS
1














Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.




















1.1






















1.2
Mendengarkan dan memahami percakapan dalam berbagai kegiatan di lingkungan sekolah dan di rumah/ masyarakat
















Mendengarkan dan memahami cerita teman tentang kegemaran • Teks percakapan di sekolah





• Teks percakapan siswa dengan masyarakat






• Teks cerita dari teman









1.1.1


1.1.2

1.1.3

1.1.4

1.1.5

1.1.6

1.1.7

1.1.8

1.1.9

1.1.10

1.1.11

1.2.1

1.2.2

1.2.3


1.2.4


1.2.5

1.2.6

1.2.7

1.2.8

Mampu mendengarkan teks percakapan siswa dengan siswa tentang lingkungan sekolah
Mampu menentukan isi percakapan dengan ragam ngoko.
Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam ngoko.
Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam
Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam krama.
Mampu menentukan nilai-nilai luhur pada teks percakapan
Mampu menentukan isi percakapan dengan ragam ngoko.
Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam ngoko.
Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam
Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam krama.
Mampu menentukan nilai-nilai luhur pada teks percakapan
Mampu menyimak bacaan teks teman dengan baik.
Mampu menjawab pertanyaan isi bacaan teks cerita teman.
Mampu menceritakan kembali teks cerita dari teman dengan dialek Banyumasan.
Mampu menentukan nilai luhur yang terkandung dalam teks

Mampu menyimak teks bacaan pariwisata.
Mampu menjawab pertanyaan isi bacaan.
Mampu mengartikan kata-kata yang berkaitan dengan pariwisata.
Menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam teks bacaan
2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar 2.1




















2.2








Bercerita




















Menelpon
Pengalaman pribadi yang mengesankan





Pengalaman mengesankan






Kirim telepon









Berletepon
2.1.1


2.1.2

2.1.3


2.1.4

2.1.5

2.1.6


2.1.7

2.1.8

2.1.9

2.2.1

2.2.2


2.2.3

2.2.4

2.2.5



2.2.6


2.2.7 Mampu menyusun secara tertulis pengalaman pribadi bertema lingkungan dengan ragam ngoko.
Mampu menginformasikan secara lisan pengalaman yang telah ditulis.
Mampu memberikan tanggapan tentang pengalaman pribadi yang disampaikan teman
Mampu menyimak teks cerita pengalaman yang mengesankan
Mampu menentukan arti kata pada teks cerita.
Mampu menentukan ragam bahasa Jawa yang digunakan dalam teks cerita.
Mampu menentukan isi pada teks cerita.
Mampu membuat teks pengalaman pribadi yang mengesankan.
Mampu meninformasikan teks pengalaman pribadi di depan kelas.
Mampu menjelaskan tata cara menelpon
Mampu menentukan ragam bahasa yang digunakan saat menelpon teman.
Mampu menyusun teks percakapan bertelepon dengan teman sebaya
Mampu menyebutkan secara urut tata cara menelpon.
Mampu mnjelaskan unggah ungguh yang tepat digunakan saat menelpon kepada orang yang lebih tua.

Mampu menyusun teks percakapan bertelepon secara santun kepada orang yang lebih tua.
Mampu menelpon secara santun sesuai dengan keperluan kepada orang yang lebih tua
3. Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra 3.1




























3.2



Membaca dalam hati dan memahami isi bacaan nonsastra

























Mampu membaca nyaring dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra Teks bacaan nonsastra




Teks bacaan huruf Jawa


























3.1.1

3.1.2

3.1.3

3.1.4


3.1.5

3.1.6

3.1.7

3.1.8

3.1.9

3.1.10
3.1.11


3.1.12


3.1.13


3.2.1


3.2.2

3.2.3
3.2.4

3.2.5
Mampu menentukan topic pada teks bacaan
Mampu menentukan kalimat utama pada tiap paragraph.
Mampu mengungkapkan isi teks bacaan.
Mampu membaca teks bacaan berhuruf Pa Ja Wa dengan sandhangan swara.
Mampu mencari sandhangan swara dalam teks bacaan.
Mampu menentukan nilai luhur pada teks bacaan
Mampu menyimak bacaan tema budi pekerti dengan baik.
Menentukan arti kata yang terdapat pada bacaan.
Mampu menuliskan topic bacaan tema budi pekerti.
Mampu mengungkapkan isi bacaan .
Mampu membaca teks berhuruf Jawa bersandhangan panyigeg wanda.
Mampu menentukan jenis-jenis sandhangan panyigeg yang terdapat dalam teks bacaan.
Mampu menentukan nilai-nilai luhur yang terkandhung dalam teks bacaan.
Mampu membaca dengan intonasi yang benar teks bacaan tentang kebersihan.
Mampu menuliskan topic bacaan dengan tepat.
Mampu mengungkapkan isi bacaan.
Mampu membaca teks berhuruf Jawa dengan pasangan.
Mampu menyebutkan jenis pasangan yang digunakan daalam teks bacaan

4.
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa
4.1




4.2
Menulis pengalaman pribadi sebuah proses

Menulis surat



Pengalaman pribadi


Surat pribadi
4.1.1


4.1.2

4.2.1

4.2.2

4.2.3


4.2.4



4.2.5

4.2.6


Mampu menentukan ragam bahasa yang digunakan untuk menulis pengalaman pribadi.
Mampumenuliskan pengalaman pribadi.
Mampumenyebutkan jenis-jenis surat.
Mampu menyebutkan bagian-bagian dalam surat pribadi.
Mampumenentukan jeis surat yag akan dibuat untuk orang yang lebih tua.
Mampu menentukan ragam bahasa yang sesuai untuk surat yang disampaikan kepada orang yang lebih tua.
Mampumenentukan tujuan pembuatan surat.
Mampu membuat surat ijin tidak masuk sekolah yag ditujukan kepada guru.

5.
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa
5.1
Mengapresiasi cerira wayang atau dongeng,
Crita/ dongeng


Teks cerita Ramayana









Teks cerita Mahabharata
5.1.1

5.1.2

5.1.3

5.1.4
5.1.5

5.1.6


5.1.7


5.1.8

5.1.9

5.1.10

5.1.11

5.1.12

5.1.13

Mampu menentukan tokoh dalam dongeng
Mampu menentukan watak tokoh cerita.
Mampu menentukan ajaran yang terkamdung dalam cerita
Mampu menyimak cerita Ramayana.
Mampu menentukan tokoh cerita Ramayana.
Mampu menentukan watak tokoh cerita Ramayana.

Mampu menringkas cerita Ramayana.

Mampu menentukan ajaran-ajaran yeng terkandung dalam Ramayana.
Mampu menyimak cerita Mahabharata.
Mampu menentukan tokoh cerita Mahabharata.
Mampu menentukan watak tokoh cerita Mahabharata.
Mampu menringkas cerita Ramayana.
Mampu menentukan ajaran-ajaran yeng terkandung dalam Mahabharata.




Keterangan Aspek Penilaian:
1. Kompleksitas (K) : ST (20 – 40); Tg (41 – 60); Sd (61 - 80); Rd (81 – 100)
2. Daya Dukung (DD) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 - 60); Rd (20 – 40)
3. Intake Siswa (IS) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 - 60); Rd (20 – 40)



Cipari, 14 Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Al Islam Cipari




Samingun Muhtar N, S.Pd. P R I Y O N O
NIP NIP







REKAPITULASI HASIL PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

Nama Sekolah : SMP Al Islam Cipari
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
KKM Kelas/sem : VII/2

No Standar Kompetensi
(SK) No Komptensi Dasar
(KD) Materi No Indikator Penentuan KKM dari Faktor Rata-rata Indikator Rata-rata KD Rata-rata SK KKM Mapel
K DD IS
1





Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa.



1.1






1.2
Mendengarkan dan memahami percakapan dalam berbagai kegiatan di lingkungan sekolah dan di rumah/ masyarakat
Mendengarkan dan memahami cerita teman tentang kegemaran
2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar 2.1




















2.2








Bercerita




















Menelpon
Pengalaman pribadi yang mengesankan



Pengalaman mengesankan








Kirim telepon









Berletepon
2.1.1


2.1.2

2.1.3


2.1.4

2.1.5

2.1.6


2.1.7

2.1.8

2.1.9

2.2.1

2.2.2


2.2.3

2.2.4

2.2.5


2.2.6


2.2.7 Mampu menyusun secara tertulis pengalaman pribadi bertema lingkungan dengan ragam ngoko.
Mampu menginformasikan secara lisan pengalaman yang telah ditulis.
Mampu memberikan tanggapan tentang pengalaman pribadi yang disampaikan teman
Mampu menyimak teks cerita pengalaman yang mengesankan
Mampu menentukan arti kata pada teks cerita.
Mampu menentukan ragam bahasa Jawa yang digunakan dalam teks cerita.
Mampu menentukan isi pada teks cerita.
Mampu membuat teks pengalaman pribadi yang mengesankan.
Mampu meninformasikan teks pengalaman pribadi di depan kelas.
Mampu menjelaskan tata cara menelpon
Mampu menentukan ragam bahasa yang digunakan saat menelpon teman.
Mampu menyusun teks percakapan bertelepon dengan teman sebaya
Mampu menyebutkan secara urut tata cara menelpon.
Mampu mnjelaskan unggah ungguh yang tepat digunakan saat menelpon kepada orang yang lebih tua.
Mampu menyusun teks percakapan bertelepon secara santun kepada orang yang lebih tua.
Mampu menelpon secara santun sesuai dengan keperluan kepada orang yang lebih tua
3. Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra 3.1




























3.2



Membaca dalam hati dan memahami isi bacaan nonsastra

























Mampu membaca nyaring dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra Teks bacaan nonsastra


Teks bacaan huruf Jawa




























3.1.1

3.1.2

3.1.3

3.1.4


3.1.5

3.1.6

3.1.7

3.1.8

3.1.9

3.1.10
3.1.11


3.1.12


3.1.13


3.2.1


3.2.2

3.2.3
3.2.4

3.2.5
Mampu menentukan topic pada teks bacaan
Mampu menentukan kalimat utama pada tiap paragraph.
Mampu mengungkapkan isi teks bacaan.
Mampu membaca teks bacaan berhuruf Pa Ja Wa dengan sandhangan swara.
Mampu mencari sandhangan swara dalam teks bacaan.
Mampu menentukan nilai luhur pada teks bacaan
Mampu menyimak bacaan tema budi pekerti dengan baik.
Menentukan arti kata yang terdapat pada bacaan.
Mampu menuliskan topic bacaan tema budi pekerti.
Mampu mengungkapkan isi bacaan .
Mampu membaca teks berhuruf Jawa bersandhangan panyigeg wanda.
Mampu menentukan jenis-jenis sandhangan panyigeg yang terdapat dalam teks bacaan.
Mampu menentukan nilai-nilai luhur yang terkandhung dalam teks bacaan.
Mampu membaca dengan intonasi yang benar teks bacaan tentang kebersihan.
Mampu menuliskan topic bacaan dengan tepat.
Mampu mengungkapkan isi bacaan.
Mampu membaca teks berhuruf Jawa dengan pasangan.
Mampu menyebutkan jenis pasangan yang digunakan daalam teks bacaan

4.
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa
4.1




4.2
Menulis pengalaman pribadi sebuah proses

Menulis surat



Pengalaman pribadi


Surat pribadi
4.1.1


4.1.2

4.2.1

4.2.2

4.2.3


4.2.4



4.2.5

4.2.6


Mampu menentukan ragam bahasa yang digunakan untuk menulis pengalaman pribadi.
Mampumenuliskan pengalaman pribadi.
Mampumenyebutkan jenis-jenis surat.
Mampu menyebutkan bagian-bagian dalam surat pribadi.
Mampumenentukan jeis surat yag akan dibuat untuk orang yang lebih tua.
Mampu menentukan ragam bahasa yang sesuai untuk surat yang disampaikan kepada orang yang lebih tua.
Mampumenentukan tujuan pembuatan surat.
Mampu membuat surat ijin tidak masuk sekolah yag ditujukan kepada guru.


5.
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa
5.1
Mengapresiasi cerira wayang atau dongeng,
Crita/ dongeng




Teks cerita Ramayana





Teks cerita Mahabharata
5.1.1

5.1.2

5.1.3

5.1.4
5.1.5

5.1.6

5.1.7

5.1.8

5.1.9

5.1.10

5.1.11

5.1.12

5.1.13

Mampu menentukan tokoh dalam dongeng
Mampu menentukan watak tokoh cerita.
Mampu menentukan ajaran yang terkamdung dalam cerita
Mampu menyimak cerita Ramayana.
Mampu menentukan tokoh cerita Ramayana.
Mampu menentukan watak tokoh cerita Ramayana.
Mampu menringkas cerita Ramayana.
Mampu menentukan ajaran-ajaran yeng terkandung dalam Ramayana.
Mampu menyimak cerita Mahabharata.
Mampu menentukan tokoh cerita Mahabharata.
Mampu menentukan watak tokoh cerita Mahabharata.
Mampu menringkas cerita Ramayana.
Mampu menentukan ajaran-ajaran yeng terkandung dalam Mahabharata.


Keterangan Aspek Penilaian:
4. Kompleksitas (K) : ST (20 – 40); Tg (41 – 60); Sd (61 - 80); Rd (81 – 100)
5. Daya Dukung (DD) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 - 60); Rd (20 – 40)
6. Intake Siswa (IS) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 - 60); Rd (20 – 40)

Cipari, 14 Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Al Islam Cipari




Samingun Muhtar N, S.Pd. P R I Y O N O
NIP NIP




REKAPITULASI HASIL PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

NAMA SEKOLAH : SMP AL ISLAM CIPARI
MATA PELAJARAN : Bahasa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/1
TEMA : BUDI PEKERTI

STANDAR KOMPETENSI
(SK) KOMPETENSI DASAR
(KD) MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN INDIKATOR PEBEBTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami cerita yang dibacakan missal cerita lakon wayang
Teks cerita, missal: lakon wayang 1. Mampu menceritakan kembali cerita wayang yang didengar dengan bahasa sehari-hari atau dalam ragam tertentu.
2. Mampu menuliskan ringkasan cerita wayang yang didengar
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Menyampaikan informasi dengan berpidato missal: pidato peringatan hari besar Teks pidato





3. Memiliki keberanian dan mampu berpidato dengan lafal, intonasi dan irama yang sesuai dalam berbagai ragam bahasa Jawa termasuk dialek.
MEMBACA
Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membaca dalam hati teks bacaan sastra missal cerita rakyat Teks bacaan sastra, missal: cerita rakyat.






Teks bacaan huruf Jawa
4. Mampu menyebutkan okoh-tokoh cerita
5. Mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan ragam krama.
6. Mampu membaca teks huruf jawa yang didalamnya ada pasangan, sandhangn oanyigeg wanda, wyanjana, re dan le.
7. Mampu membacakan kalimat yang mengandung aksara swara.
8. Mampu membaca kalimat yang menggunakan angka Jawa.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa. Menulis laporan kunjungan ke suatu tempat




Laporan kunjungan
9. Mampu menulis laporan kunjungan.
10. Mampu membuat kerangka laporan kunjungan.

APRESIASI SASTRA Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapresiasi tembang macapat Tembang macapat kinanthi 11. Mampu menjelaskan pengertian tembang macapat.
12. Mampu meenjelaskan atruran tembang macapat.
13. mampu meenjelaskan isi tembang macapat kinanthi.
14. Mampu meembawakan tembang macapat kinanthi.


TEMA : DISIPLIN
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa

Mendengarkan dan memahami cerita yang dibacakan missal cerita lakon wayang, cerita pendek.
Teks cerita lakon wayang, cerita rakyat.
1. Mampu mencritakan kembali cerita yang didengar dengan bahasa sehari-hari atau ragam bahasa tertentu missal: ngoko aau krama..
2. Mampu menuliskan ringkasan cerita yang didengar.
3. Mampu menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita yang didengar.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Menyampaikan informasi dengan berpidato, missal: pidato dalam forum rapat, perhelatan upacara peringatan. Teks pidato 1. Mampu menuliskan pokok-pokok pidato dalam berbagai ragam bahasa Jawa termasuk dialek,
2. Mampu menuliskan naskah pidato dalam berbagai ragam bahasa Jawa termasuk dialek.


MEMBACA
Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membaca dalam hati teks bacaan sastra misal: tentang cerita rakyat Teks bacaan sastra, missal: cerita rakyat




Teks bacaan huruf Jawa 1. Mampu menyebutkan tokoh-tokoh cerita.
2. Mampu menuliskan ringkasan isi cerita/bacaan
3. Mampu menyebutkan nilai-nilai luhur yag terkandung dalam bacaan.
4. Mampu menjawab pertanyaan bacaan baik secara tertulis maupun lisan.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa. Menulis tentang keterampilan hidup missal: membuat karangan Karangan keterampilan hidup


1. Mampu menulis tentang keterampilan hidup dalam berbagai ragam bahasa Jawa.

APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapesiasikan susastra Jawa seperti cerita wayang, Teks epos Ramayana 1. Mampu menyimak cerita Ramayana
2. Mampu menentukan tokoh-tokoh dalam cerita Ramayana.
3. Mampu meringkas cerita Ramayana
4. Mampu menentukan ajaran yang terkandung dalam cerita Ramayana.

TEMA : KEBERSIHAN/KESEHATAN
ALOKASI WAKTU : 10 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami berita missal: rekaman berita dalam bahasa Jawa, berita media masa berbahasa Jawa yang dibacakan.
Teks berita 1. Mampu menuliskan pokok-pokok berita.
2. Mampu memberikan tanggapan berita yangdidengar.
3. Mampu menjawab pertanyaan bacaan atau berita.
BERBICARA Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Bercerita tentang pengalaman pribadi missal: berkemah, bertamasya, perpisahan kelas atau pengalaman lain yang menarik Macam-macam pengalaman pribadi. 1. Mampu menulis cerita pengalaman pribadi dalam berbagai ragam bahasa Jawa termasuk dialek.
2. Mampu menceritakan pengalaman pribadi yang menarik
3. mampu menjawab pertanyaan terhadap materi yang diceritakan.
MEMBACA Mampu membaca nyaring dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membaca nyaring (bersuara) Teks bacaan nonsastra misalnya bacaan tentang banjir.



Teks bacaan huruf Jawa
1. Mampu membaca dengan intonasi yang benar.
2. Mampu menuliskan topic bacaan
3. Mampu mengungkapkan isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
4. Mampu membaca teks bacaan berhuruf Jawa

MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa. Menulis surat undangan Surat Undangan



Mampu menuliskan surat undangan
APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapesiasikan sastra Jawa missal geguritan. Geguritan 1. Mampu membacakan geguritan dengan intonasi yang benar.
2. Mampu menceritakan isi geguritan.
3. Mampu mengubah geguritan menjadi bahasa gancaran.

TEMA : PERISTIWA
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami isi berita missal rekaman siaran berita dalam bahasa Jawa, berita mediamasa bahasa Jawa yang dibacakan dsb. Teks berita atau rekaman siaran radio berbahasa Jawa. 1. Mampu menuliskan pokok berita
2. Mampu memberikan tanggapan terhadap berita yang didengar.
3. Mampu menjawab pertanyaan bacaan/berita

BERBICARA Mampu menelpon secara santun sesuai dengan keperluan kepada orang yang lebih tua/orang tua. Bercerita tentang pengalaman pribadi missal berkemah, betamasya perpisahan kelas atau pengalaman lain yang manarik. Macam-macam pengalaman pribadi. 1. Mampu menulis cerita pengalaman pribadi dalam berbagai ragam bahasa Jawa termasuk dialek
2. Mampu menceritakan pengalaman pribadi yang menarik
3. Mampu menjawab pertanyaan terhadap materi yang diceritakan.
MEMBACA Mampu membaca nyaring dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membaca nyaring (bersuara) teks bacaan nonsastra missal: bacaan tentang suatu peristiwa Teks bacaan nonsastra missal: tentang suatu peristiwa banjir.




Teks bacaan huruf Jawa
1. Mampu membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang benar.
2. Mampu menuliskan topic bacaan peristiwa.
3. Mampu mengungkapkan isi bacaan.
4. Mampu membaca teks bacaan berhuruf Jawa dengan pasangan dan sandhangan.
5. Mampu menentukan sandangan yang digunakan dalam teks bacaan
6. Mampu menentukan isi teks bacaan berhuruf Jawa .
MENULIS Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa. Menulis surat undangan Surat Undangan Pernikahan 1. Mampu menulis surat undangan


APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapresiasikan susastra Jawa seperti kethoprak Teks cerita kethoprak 1. Mampu menceritakan kembali isi cerita kethoprak.




Keterangan Aspek Penilaian:
1. Kompleksitas (K) : ST (20 – 40); Tg (41 – 60); Sd (61 - 80); Rd (81 – 100)
2. Daya Dukung (DD) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 - 60); Rd (20 – 40)
3. Intake Siswa (IS) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 - 60); Rd (20 – 40)



Cipari, 14 Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Al Islam Cipari




Samingun Muhtar N, S.Pd. P R I Y O N O
NIP NIP


REKAPITULASI HASIL PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

NAMA SEKOLAH : SMP AL ISLAM CIPARI
MATA PELAJARAN : Bahasa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/2
TEMA : PERTANIAN
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami iklan, missal: obat, alat pertanian,dsb


Teks iklan Mampu memberi tanggapan tentang iklan yang didengar.
Mampu menuliskan maksud iklan
Mampu menjawab pertanyaan/bacaan iklan yang didengar.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Berdialog (melakukan percakapan dengan orang tua) missal: bertanya/ menanyakan sesuatu menyampaikan pesan, undangan lisan dsb. Teks Teks dialog berbahasa Jawa ragam krama dan krama Inggil 1. Mampu menyampaikan pesan/undangan lisan kepada orang yang lebih tua sesuai dengan unggah ungguh basa yang benar.
2. Mampu berkomunikasi atau bertanya jawab dengan orang yang lebih tua sesuai konteks pembicaraan dan uanggah ungguh basa yang benar
MEMBACA
Mampu membaca nyaring dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membaca bacaan sastra missal geguritan, cerkak dsb. Teks geguritan




Aksara Murda


1. Mampu membaca indah sebuah geguritan.sesuai dengan teknik baca geguritan.
2. Mampu menceritakan isi geguritan baik secara lisan maupun tertulis dengan berbagai ragam bahasa.
3. Mampu memprosakan geguritan.
4. Mampu membaca tulisan Jawa dengan memakai aksara Murda.
5. mampu menulis kalimat dengan memakai aksara Murda.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa. Menulis laporan kunjungan ke suatu tempat Laporan kunjungan



1. Mampu menulis laporan kunjungan.
2. Mampu membuat kerangka laporan kunjungan.

APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapresiasikan geguritan Geguritan 1. Mampu membaca geguritan dengan baik dan benar.
2. Mampu menulis isi geguritan.

TEMA : KELAUTAN
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami memahami wacana iklan missal iklan obat, alat pertanian

Iklan 1. Mampu memberi tanggapan tentang iklan yang didengar.
2. Mampu menuliskan maksud iklan
3. Mampu menjawab pertanyaan/bacaan iklan yang didengar.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Berdialog (melakukan percakapan dengan orang tua/ orang yang lebih tua missal: bertanya/ menanyakan sesuatu, menyampaikan pesan undangan lisan dsb. Teks dialog ragam krama lugu dan krama alus 1. Mampu menyampaikan pesan atau undangan lisan kepada orang tua/ yang lebih tua sesuai dengan unggah ungguh basa yang benar.
2. Mampu berkomunikasi/ ertanya jawab dengan orang tua/ lebih tua sesuai dengan konteks pembicaraan dan aunggah ungguh basa yang benar.
3. Mampu berkomunikasi dengan orang yang lebih tinggi kedudukannya
MEMBACA
Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membaca bacaan sastra misal: geguritan, cerkak, dongeng Teks geguritan


Teks bacaan huruf Jawa
1. Mampu membaca geguritan dengan intonasi yang tepat..
2. Mampu menuliskan ringkasan isi gagruritan
3. Mampu menyebutkan nilai-nilai luhur yag terkandung dalam geguritan.
4. Mampu menjawab pertanyaan bacaan baik secara tertulis maupun lisan.
5. Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa. Menulis laporan kunjungan ke suatu tempat/ laporan kunjungan Laporan kunjungan


1. Mampu menulis laporan kunjungan.
2. Mampu embuat kerangka laporan kunjungan

APRESIASI SASTRA Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapesiasikan temang macapat Tembang macapat Kinanthi 1. Mampu menjelaskan aturan tembang macapat kinanthi.
2. Mampu menentukan iai tembag KInanthi..
3. Mampu membawakan tembang Kinanthi

TEMA : PERINDUSTRIAN
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami memahami wacana iklan missal iklan obat, alat perindustrian

Iklan 1. Mampu memberi tanggapan tentang iklan yang didengar.
2. Mampu menuliskan maksud iklan
3. Mampu menjawab pertanyaan/bacaan iklan yang didengar.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Berdialog (melakukan percakapan dengan orang tua/ orang yang lebih tua missal: bertanya/ menanyakan sesuatu, menyampaikan pesan undangan lisan dsb. Undangan lisan 1. Mampu menyampaikan undangan lisan kepada orang tua/ yang lebih tua sesuai dengan unggah ungguh basa yang benar.
2. Mampu berkomunikasi/ ertanya jawab dengan orang tua/ lebih tua sesuai dengan konteks pembicaraan dan aunggah ungguh basa yang benar.
3. Mampu berkomunikasi dengan orang yang lebih tinggi kedudukannya
MEMBACA
Mampu membaca nyaring dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membacadan memahami bacaan sederhana berhuruf Jawa kurang lebih 10 kalimat. Teks bacaan huruf Jawa
1. Mampu membaca lancer bacaan berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan pasangan, angka aksara swara, aksara murda
2. Mampu menuliskan topic bacaan
3. Mampu mengungkapkan isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
4. Mampu membaca teks bacaan berhuruf Jawa
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa.
Menulis laporan kunjungan ke suatu tempat/ laporan kunjungan Laporan kunjungan


1. Mampu menulis laporan kunjungan dengan menggunakan kaidah bahasa yang benar.
2. Mampu membuat kerangka laporan kunjungan

APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapesiasikan temang macapat Tembang macapat Dhandhanggula 1. Mampu menjelaskan aturan tembang macapat Dhandhanggula.
2. Mampu menentukan iai tembag Dhandhanggula..
3. Mampu membawakan tembang Dhandhanggula


Keterangan Aspek Penilaian:
1. Kompleksitas (K) : ST (20 – 40); Tg (41 – 60); Sd (61 - 80); Rd (81 – 100)
2. Daya Dukung (DD) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 - 60); Rd (20 – 40)
3. Intake Siswa (IS) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 - 60); Rd (20 – 40)



Cipari, 14 Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Al Islam Cipari




Samingun Muhtar N, S.Pd. P R I Y O N O
NIP NIP








REKAPITULASI HASIL PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

NAMA SEKOLAH : SMP AL ISLAM CIPARI
MATA PELAJARAN : Bahasa Jawa
KELAS/SEMESTER : IX / 1
TEMA : KEPERLUAN
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa




Mendengarkan dan memahami isi pidato adat
Teks pidato Tedhak Siten 1. Mampu mendengarkan teks percakapan siswa dengan siswa tentang lingkungan sekolah.
2. Mampu menentukan isi percakapan dengan ragam ngoko.
3. Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam ngoko.
4. Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam krama.
5. Mampu menentukan nilai-nilau luhur pada teks percakapan.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Berdialog dengan berbagai lapisan masyarakat Teks dialog 1. Siswa mampu berdialog dengan orang lain secara tertulis maupun lisan dengan menggunakan kalimat perintah dan permintaan yang baik dan benar.
2. Siswa mampu menuliskan dialog dengan unggah-ungguh bahasa Jawa yang benar.
3. Siswa mampu menerapkan nilai luhur sopan santun dalam percakapan.
MEMBACA
Mampu membaca dalam hatui dan memahami isi bacaan baik sastra maupun nonsastra.


Mampu membaca dan memahmi bacaan berhuruf Jawa Membaca dalam hati dan memahami isi bacaan nonsastra missal: tata cara dan upacar adat.



Membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf Jawa kira-kira 15 kalimat (3 alinea) Teks bacaan tata cara/ upacara adapt.





Teks bacaan berhuruf Jawa
1. Siswa mampu menyebutkan dan menuliskan topic bacaan.
2. Siswa mampumenuliskan rangkuman bacaan.
3. Siswa mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan ragam bahasa Jawa sehari-hari/dialek.
4. Siswa mampu menjawab dan mengajukan pertanyaan bacaan.
5. Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam bacaan.
6. Siswa mampi membaca bacaan sederhana berhuruf Jawa.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulisan dan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh bahasa Jawa yang benar. Menulis susastra sederhana tentang cerkak (cerita pendek)


Cerkak
1. Siswa mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahasa Jawa berbentuk crita cekak.



APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasi susastra Jawa Mengapesiasi susastra Jawa missal: wayang Ramayana Cerita wayang Ramayana 1. Mampu menceritakan isi cerita wayang Ramayana dengan berbagai ragam bahasa Jawa, bahasa dialek.
2. Mampu menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita wayang Ramayana.
3. Mampu menyebutkan watak tokoh dalam cerita wayang.
4. Mampu menjelaskan nilai-nilai luhur dalam cerita wayang.
5. Mampumembuat rangkuman bacaan cerita Ramayana.

TEMA : HIBURAN
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami isi pidato adat.


Teks pidato uapacara adat pernikahan. 1. Mampu menyebutkan dan menuliskan topic pidato yang didengar.
2. Mampu menceritakan kembali isi pidato yang didengar dengan bahasa sendiri.
3. Mampu menjelaskan isi pidato.
4. Mampu membuat rangkuman isi pidato
Berdialog dengan berbagai lapisan masyarakat. Teks dialog 1. Mampu berdialog dengan orang lain.
2. Mampu menggunakan kalimat perintah dengan unggah ungguh yang benar.
3. Mampu melakukan wawancara dengan unggah-ungguh yang benar.
Membaca dalam hati dan memahami isi bacaan misal: tentang tatacara dan upacara adapt



Membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf Jawa kira-kira 15 kalimat (3 alinea) Teks bacaan tentang tatacara /upacara adat





Teks bacaan huruf Jawa
1. Mampu menyebutkan dan menuliskan topic bacaan.
2. Menuliskan rangkuman isi bacaan dengan berbagai ragam bahasa Jawa.
3. Mampu menjawab dan mengajukan pertanyaan dengan ragam bahasa yang sesuai.
4. Mampu menyebutkan dan menuliskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam bacaan.
5. Mampu membaca lancer bacaan berhuruf Jawa.
6. Mampu menceritakan isi bacaan dengan berbagai ragam bahasa Jawa.
7. Mampu menjawab pertanyaan bacaan.
8. Mampu menulis kembali bacaan ke dalam huruf Latin.
Menulis susastra sederhana missal: cerkak, geguritan dongeng dsb. Karangan/cerita sederhana




1. Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahasa Jawa berbentuk dongeng.
2. Mampu menuliskan tokoh-tokoh dalam dongeng.
3. Mampu menuliskan watak tokoh dalam dongeng.
4. Mampu menuliskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam dongeng.
Mengapesiasi susastra Jawa seperti geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang dsb. Bacaan sastra berupa cerkak 1. Mampu menceritakan isi cerita dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
2. Mampu menuliskan kembali cerita dalam bentuk tulisan lain misalnya prosa.
3. Mampu menjelaskan dan menuliskan isi /pesan bacaan.
4. Mampumembuat rangkuman isi bacaan.
5. Mampu menuliskan kembali bacaan dengan berbagai ragam bahasa yang benar.
6. Mampu meneruskan cerkak yang tidak lengkap.
7. Mampu mengambil nilai-nilai luhur dalam certa pendek.

TEMA : PERISTIWA
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa




Mendengarkan dan memahami isi sandiwara radio
Sandiwara radio 1. Mampu menyebutkan dan menuliskan topic yang didengar.
2. Mampumenyebutkan dan menuliskan perwatakan tokoh dalam cerita sandiwara radio yang didengar.
3. Mampu membuat rangkuman cerita dalam sandiwara radio.
4. Mampu menentukan nilai luhur dalam sandiwara radio yang didengar.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Menceritakan kembali isi cerita/bacaan yang didengar, missal cerita rakyat. Cerita rakyat 1. Mampu menceritakan kembali sebuah cerita rakyat dengan dengan berbagai ragam bahasa termasuk dialek.
2. Mampu menuliskan ringkasan cerita dengan berbagai ragam bahasa Jawa.
3. Mampu menjelaskan isi cerita rakyat.
MEMBACA Mampu membaca nyaring dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membaca nyaring dan memahami isi bacaan nonsastra misal: tentang panyandra Teks bacaan panyandra
1. Mampu membaca dengan lafal, intonasi dan irama yang sesuai.

MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa. Menulis sastra sederhana cerkak





Surat Pribadi 1. Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahasa Jawa berbentuk cerkak.
2. Mampu menuliskan tokoh-tokoh dalam cerkak.
3. Mampu menuliskan watak tokoh dalam cerkak.
4. Mampu menuliskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam cerkak.
APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapesiasikan susastra Jawa (dongeng) Cerita/ dongeng 1. Mampu menyimak sebuah dongeng.
2. mampu menjawab pertanyaan dari dongeng yang didengar.
3. Mampu menentukan watak tokoh dongeng
4. Mampu menentukan ajaran yang terkandung dalam dongeng

TEMA : PEMERINTAHAN
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATARATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami isi sandiwara radio.




Rekaman sandawara radio 1. Mampu mendengarkan sandiwara radio
2. Mampu menjawab pertanyaan isi sandiwara radio.
3. Mampu menggantikan kata-kata dalam sandiwara radio.
4. Mampu mengungkapkan tema sandiwara radio menggunakan ragam krama..
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Berrdialog dengan berbagai lapisan masyarakat. Teks dialog 1. Mampu menyebutkan secara urut tata cara berwawancara.
2. Mampu menyebutkan unggah ungguh yang tepat digunakan dalam wawancara kepada orang yang lebih tua.
3. Mampu menyusun rancangan secara santun kepada orang yang lebih tua.
4. Mampu melakukan wawancara secara santun sesuai dengan keperluan kepada orang lain.
MEMBACA
Mampu membaca nyaring dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membaca nyaring dan memahami isi bacaan nonsastra misal: tentang janturan



Membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf Jawa kira-kira 15 kalimat (3 alinea) Teks bacaan janturan





Teks bacaan berhuruf Jawa
1. Mampu membaca dengan lafal, intonasi dan irama yang sesuai.
2. Mampu emahami isi bacaan.
3. Mampu menjelaskan isi janturan.
4. Mampu membaca teks bertulikan huruf Jawa




ENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa. Menulis sastra sederhana cerkak





1. Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahasa Jawa berbentuk cerkak.
2. Mampu menuliskan tokoh-tokoh dalam cerkak.
3. Mampu menuliskan watak tokoh dalam cerkak.
4. Mampu menuliskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam cerkak.

APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapesiasi susastra Jawa misal geguritan, tembang, cerkak, dongeng, wayang dsb. Teks geguritan 1. Mampu menulis kembali geguritan ke dalam bentuk tulisan lain misalnya prosa.
2. Mampu menjelaskan isi pesan geguritan.
3. Mampu membuat rangkuman isi geguritan.
4. Mampu menghayati nilai luhur dalam geguritan


Keterangan Aspek Penilaian:
1. Komplekssitas (K) : ST (20 – 40); Tg (41 – 60); Sd (61 – 80); Rd (81 – 100)
2. Daya Dukung (DD) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 – 60); Rd (20 – 40)
3. Intake Siswa (IS) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 – 60); Rd (20 – 40)
Cipari, 14 Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Al Islam Cipari




Samingun Muhtar N, S.Pd. P R I Y O N O
NIP NIP



REKAPITULASI HASIL PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

NAMA SEKOLAH : SMP AL ISLAM CIPARI
MATA PELAJARAN : Bahasa Jawa
KELAS/SEMESTER : IX / 2
TEMA : EKONOMI
ALOKASI WAKTU : jam pelajaran


STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami tembang Macapat



Teks tembang macapat Dhandhangula 1. Mampu menjelaskan dan menuliskan isi tembang Macapat Dhandhanggula.
2. Mampu menembangkan tembang macapat Dhandhanggula.
3. Mampu menyebutkan, menjelaskan dan menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam tembang macapat Dhandhanggula.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Berbicara/bercerita tentang perintiwa aktual Cerita tentang peristiwa aktual 1. Siswa mampu menceritakan peristiwa actual dalam bahasa Jawa ngoko.
2. Siswa mampu menceritakan peristiwa actual dalam bahasa Jawa krama
MEMBACA Mampu membaca dalam hatui dan memahami isi bacaan baik sastra maupun nonsastra.
Mampu membaca dan memahmi bacaan berhuruf Jawa • Membaca bacaan sastra, missal geguritan, cerkak, dongeng, dsb.

Geguritan



1. Siswa mampu membaca karya sastra dengan tempo, nada dan intonasi yang baik.
2. mampu menceritakan isi bacaan dengan berbagai ragam bahasa Jawa.
3. Mampu menulis susastra ringan/ sederhana.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulisan dan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh bahasa Jawa yang benar. Menulis susastra sederhana tentang cerkak (cerita pendek) Cerkak



1. Siswa mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahasa Jawa berbentuk crita cekak.


APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasi susastra Jawa Mengapesiasi susastra Jawa missal: wayang Ramayana Cerita wayang Ramayana 1. Mampu menceritakan isi cerita wayang Ramayana dengan berbagai ragam bahasa Jawa, bahasa dialek.
2. Mampu menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita wayang Ramayana.
3. Mampu menyebutkan watak tokoh dalam cerita wayang.
4. Mampu menjelaskan nilai-nilai luhur dalam cerita wayang.
5. Mampumembuat rangkuman bacaan cerita Ramayana.

TEMA : OLAH RAGA
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami tembang Macapat.





Teks teks tembang macapat Pangkur 1. Mampu menjelaskan dan menuliskan isi tembang.
2. Mampu menembangkan tembang Pangkur.
3. Mampu menjelaskan isi tembang Pangkur
4. Mampu menyebutkan, menjelaskan dan menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam tembang Macapat
BERBICARA Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Berpidato dalam berbagai peristiwa Teks pidato perpisahan. 1. Mampu berpidato sesuai dengan peristiwanya, misalnya menyampaikan sambutan perpisahan kelas, ulatang tahun termasuk nyandra dsb.
2. Mampu menyempaikan dan menjelaskan isi pidato.
3. Menjelaskan nilau budi pekerti pada tyeks pidato.
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR
MEMBACA
Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf Jawa kurang lebih 15 kalimat ( 3 alinea) Teks bacaan huruf Jawa
1. Mampu membaca lancer bacaan sederhana berhuruf Jawa.
2. Mampu menceritakan isi bacaan dengan berbagai ragam bahasa Jawa.
3. Mampu menjawab pertanyaan bacaan berhuruf Jawa.
4. Mampu enulis kembali bacaan dengan huruf Latin..
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa. Menulis susastra sederhana missal: cerkak, geguritan dongeng dsb. Karangan/cerita sederhana




1. Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahasa Jawa berbentuk geguritan.
2. Mampu menuliskan tokoh-tokoh dalam geguritan.
3. Mampu menuliskan watak tokoh dalam geguritan.
4. Mampu menuliskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam geguritan.
APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapesiasi susastra Jawa seperti geguritan, tembang, cerkak, dongeng, cerita wayang dsb. Bacaan sastra tembang Asmaradana Mampu menjawab petanyaan yang berkaitan dengan isi tembang Asmaradana
Mampu memprosakan tembang Asmaradana.
Mampu menyebutkan isi (pesan) dalam tembang Asmaradana.
Mampu membuat cerita ringkas isi tembang Asmaradana.
Mampu menulis isi tembang Asmaradana dengan menggunakan ragam bahasa Jawa krama alus.
Mampu menembangkan tembang Asmaradana dengan titi laras yang benar.

TEMA : KEINDAHAN
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/PEMBELAJARAN INDIKATOR PENENTUAN KKM DARI FAKTOR RATA-RATA INDIKATOR RATA-RATA KD RATA-RATA SK KKM MAPEL
K DD IS
MENDENGARKAN Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan dan memahami isi tembang Macapat Sinom







Tembang Macapat Sinom 1. Mampu menjelaskan dan menuliskan tembang macapat dengan cermat.
2. Mampu menembangkan dengan penuh semanga tembang Sinom.
3. Mampu menyanyikan tembang Macapat dengan penuh percaya diri.
4. Mampu menjelaskan aturan tembang macapat Sinom.
5. Mampu menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam tembang macapat.
BERBICARA Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar. Berpidato dalam berbagai peristiwa Teks pidato 1. Mampu berpidato dengan cermat sesuai dengan peristiwanya.
2. Mampu menyampaikan pidato dengan ramah.
3. Mampu menjelaskan isi pidato dengan tegas.
MEMBACA
Mampu membaca nyaring dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra. Membaca bacaan sastra missal: gegurtan, cerkak, dongeng.






Membaca dan memahami bacaan sderhana berhuruf Jawa kurang lebih 15 kalimat ( 3 alinea)



Teks geguritan







Teks bacaan berhuruf Jawa
1. Mampu mengungkapkan isi geguritan
2. Mampu membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang baik.
3. Mampu menemukan nilai budi pekerti yang berupa percaya diri, estetika, berbagai karya orang lain.
4. Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa dengan lancer.
5. Mampu menjawab pertanyaan isi bacaan.
6. Mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan berbagai ragam bahasa Jawa.
7. Mampu menulis kembali bacaan ke dalam huruf Latin. Mampu menenmukan nilai budi pekerti yang berupa sabar, sopan santun, tekun)
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa. Menulis sastra sederhana cerkak





Surat Pribadi 1. Mampu menulis sastra sederhana dalam berbagai ragam bahasa Jawa berbentuk cerkak.
2. Mampu menuliskan tokoh-tokoh dalam cerkak.
3. Mampu menuliskan watak tokoh dalam cerkak.
4. Mampu menuliskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam cerkak.
APRESIASI SASTRA
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa Mengapesiasikan susastra Jawa (tembang Sinom) Tembang Sinom 1. Mampu membaca bacaan sastra (tembang Sinom).
2. Mapu menceritakan isi tembang Sinom.
3. Mampu memparafrasekan tembang Sinom.
4. Mampu menyanyikan tembang Sinom.
5. Mampu menentukan nilai-nilai luhur dalam tembang Sinom.


Keterangan Aspek Penilaian:
1. Kompleksitas (K) : ST (20 – 40); Tg (41 – 60); Sd (61 - 80); Rd (81 – 100)
2. Daya Dukung (DD) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 - 60); Rd (20 – 40)
3. Intake Siswa (IS) : ST (81 – 100); Tg (61 – 80); Sd (41 - 60); Rd (20 – 40)



Cipari, 14 Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Al Islam Cipari




Samingun Muhtar N, S.Pd. P R I Y O N O
NIP NIP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar