Kamis, 17 Maret 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

BAHASA JAWA

KELAS VII
SEMESTER I
SMP AL ISLAM CIPARI


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : VII / I
Aspek : Kemampuan Mendengarkan

Sub Aspek : Mendengarkan teks percakapan
Standar Kompetensi : Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana
lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa
Kompetensi Dasar : Mendengarkan dan memahami percakapan dalam berbagai
kegiatan di lingkungan sekolah dan di rumah/masyarakat
I. Indikator Keberhasilan
1. Siswa mampu mendengarkan teks percakapan siswa dengan siswa tenteng lingkungan sekolah.
2. Siswa mampu menentukan isi percakapan dengan ragam ngoko.
3. Siswa mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam ngoko.
4. Siswa mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam krama. Siswa mampu menentukan nilai-nilai luhur pada teks percakapan.
II. Materi Pokok
Teks Percakapan di Sekolah

III. Topik/Tema: Lingkungan

IV. Uraian Materi
1. Mendengarkan teks percakapan tenteng lingkungan sekolah.
2. Menentukan isi percakapan.
3. Mendengarkan isi percakapan dengan ragam ngoko.
4. Mengungkapkan isi percakapan dengan ragam krama.

V. Menentukan nilai-nilai luhur pada teks percakapan.
Nilai budi pekerti yang diintegrasikan / pengalaman dalam teks percakapan di sekolah terkandung nilai budi pekerti: tertib. Cinta lingkungan. Menghargai kesehatan.

VI. Cara Mengintegrasikan
1. Mendengarkan teks percakapan.
2. Menentukan isi percakapan.
3. Mengungkapkan isi percakapan dengan ragam ngoko.
4. Mengungkapkan isi percakapan dengan ragam krama.
5. Menjelaskan nilai-nilai dalam percakapan

VII. Sumber/Metode
Sumber bahan: Padha Seneng Basa Jilid I; Pelajaran B. Jawa; LKS Wijaya Kusuma
Majalah B. Jawa; Kamus Bausastra Jawa

Metode: Diskusi Tanya jawab, bermain peran, tugas.

VIII. Penilaian
1. Siswa melaksanakan percakapan tentang lingkngan sekolah.
2. Menjelaskan isi percakapan
3. Tanggapan siswa tentang percakapan bab lingkungan sekolah
4. Jawaban siswa atas nilai-nilai dalam teks percakapan lingkungan sekolah


Mengetahui : Cilacap, 14 Juli 2008
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran


Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H.
NIP NIP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : VII / 1
Aspek : Kemampuan Berbicara

Sub Aspek : Berbiocara tentang penglaman pribadi yang mengesankan.
Standar Kompetensi : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan
perasaan secara lisan dalam berbagai ragam Jawa dengan unggah ungguh yang benar.
Kompetensi Dasar : Bercerita

I. Indikator Keberhasilan
1. Mampu menyusun secara tertulis pengalaman pribadi tema lingkungan dengaran ragam.
2. Mampu menginformasikan secara lisan pengalaman yang telah ditulis.
3. Mampu memberikan tanggapan tentang pengalaman pribadi yang disampaikan teman.

II. Materi Pokok
Pengalaman pribadi yang mengesankan

III. Topik/Tema: Lingkungan

IV. Uraian Materi
1. Menyusun secara tertulis penglaman pribadi tema lingkungan dengan ragam ngoko.
2. Menginformasikan secara lisan pengalaman pribadi yang telah ditulis.
3. Memberikan tanggapan tentang pengalaman pribadi yang disampaikan teman.

V. Menentukan nilai-nilai luhur pada teks percakapan.
Bahasa Jawa yang santun (sesuai unggah-ungguh)
Cinta budaya Jawa

VI. Cara Mengintegrasikan
Bercerita tentang pengalaman pribadi dengan unggah ungguh yang benar.
Memberikan tanggapan tentang pengalaman pribadi yang disamp[aikan teman.
VII. Sumber/Metode
Sumber bahan: Buku teks, buku pendamping
Metode: praktik

VIII. Penilaian
1. Menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan dengan unggah-ungguh yang benar.
2. Memberikan tanggapan tentang poengfalaman priobadi teman.




Mengetahui : Cilacap, 14 Juli 2008
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran


Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H.
NIP NIP












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : VII / 1
Aspek : Kemampuan Membaca
Sub Aspek : Kemampuan membaca, membaca
Bacaan atin dan huruf Jawa

Standar Kompetensi :
1. Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan baik sastra maupun nonsastra.
2. Mampu membaca dan memahami bacaan berhuruf Jawa
Kompetensi Dasar :
1. Membaca dalam hati dan memahami isi bacaan, missal: program kalio bersih (prokasih) atau bacaan lain.
2. Membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf Jawa kurang lebih 15 kalimat (3 alinea)
I. Indikator Keberhasilan
1. Siswa mampu menyebutkan dan menuliskan topic bacaan
2. Siswa mampu menuliskan rangkuman isi bacaan.
3. Siswa mampu menceritakan isi bacaan.
4. Siswa mampu menjawab dan mengajukan pertanyaan bacaan.
5. Siswa mampu mrnyrbutkan nilai-nilai luhur dalam bacaan
6. Siswa mampu membaca berhuruf Jawa
II. Materi Pokok
Teks bacaan tentang program kali bersih (prokasih)
Teks bacaan berhuruf Jawa
III. Topik/Tema: Lingkungan
IV. Uraian Materi
1. Membaca dengan intonasi yang benar.
2. Membuat rangkuman bacaan.
3. Menceritakan isi bacaan dengan ragam bahasa dialek.
4. Menjawab pertanyaan bacaan.
5. Menunjukkan nilai-nilai lkuhur dalam bacaan.
6. Membaca lancar bacaan sederhana berhuruf Jawa.
V. Menentukan nilai-nilai luhur pada teks percakapan.
1. Bahasa yang santun.
2. Tekun.
3. Percaya diri
VI. Cara Mengintegrasikan
1. Membaca teks bacaan dengan imbuhan dan lafal yang benar.
2. Merangkum isi bacaan.
3. Menceritakan kembali isi bacaan.
4. Menjawab pertanyaan bacaan.
5. Menyebutkan nilai-nilai luhur dalam bacaan.
6. Membaca lancer bacaan sederhana berhuruf Jawa
VII. Sumber/Metode
Sumber bahan: Buku teks, buku pendamping
Metode: teori dan praktik
VIII. Penilaian
1. Membaca teks bacaan.
2. Membuat rangkuman bacaan.
3. Bercerita kembali tentang isi bacaan.
4. Menjawab pertanyaan bacaan.
5. Menunjukkan nilai-nilai luhur dalam bacaan.
6. Membaca teks bacaan berhuruf Jawa


Mengetahui : Cilacap, 14 Juli 2008
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran


Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H.
NIP NIP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : VII / 1
Aspek : Kemampuan Menulis
Sub Aspek : Menulis Percakapan

Standar Kompetensi :
Siswa mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa.

I. Kompetensi Dasar
Menulis wacana percakapan tentang lingkungan.

II. Indikator Keberhasilan
Siswa mampu menulis percakapan dengan ragam krama.

III. Materi Pokok
Menulis teks percakapan di sekolah.

IV. Topik / Tema
Lingkungan sekolah.

V. Uraian Materi
Menulis percakapan tentang lingkungan 1 [satu] lembar folio.

VI. Nilai Budi Pekerti Yang Diintegrasikan
1. Sopan santun.
2. Kebersihan lingkungan.

VII. Cara Mengintegrasikan
Menulis percakapan dengan runtut, baik dan benar sesuai unggah-ungguh bahasa krama.

VIII. Sumber / Metode
1. Sumber Bahan : Buku pendamping
LKS.
2. Metode : Praktek .

IX. Penilaian
Menyusun wacana percakapan tentang lingkungan 1 [satu ] lembar folio dengan bahasa krama.




Mengetahui : Cilacap, 14 Juli 2008
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran


Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H.
NIP NIP

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : VII / 1
Aspek : Apresiasi Sastra
Sub Aspek : Mengapresiasi Sastra
Cerita Dongeng

Standar Kompetensi:
Mampu mengpresiasi susastra Jawa

I. Kompetensi Dasar
Mengapresiasi susastra Jawa misal cerita dongeng.

II. Indikator Keberhasilan
1. Siswa mampu menyebutkan tokoh dan perwatakannya dalam cerita dongeng.
2. Siswa mampu menyebutkan nilai pesan (amanat) dalam cerita dongeng.
3. Siswa mampu menceritakan kembali cerita dongeng dengan menggunakan bahasa dialek.

II. Materi Pokok
Cerita dongeng kancil karo keong

III. Topik/Tema
Lingkungan

IV. Uraian Materi
1. Membaca cerita dongeng
2. Menentukan nama tokoh cerita dongeng.
3. Menentukan watak tokoh cerita dongeng.
4. Menceritakan kembali cerita dongeng
5. Menentukan nilai pesan (amanat) dalam cerita dongeng.

V. Nilai Budi Pekerti Yang Diintegrasikan
1. Menghargai karya orang lain.
2. Tidak semena-mena.
VI. Cara Mengintegrasikan
1. Membaca dan mencermati karya sastra dongeng
2. Memahami dan menentukan tokoh dan perwatakannya cerita dongeng.
3. Menceritakan kembali isi cerita dongeng kepada teman.
4. Memahami dan menentukan nilai pesan yang terkandung dalam cerita dongeng.

VII. Sumber/Metode
Sumber: Buku Teks dongeng/ kaset.
Metode: Diskusi, pemberian tugas.

VIII. Penilaian
1. Menyebutkan nama tokoh cerita dongeng.
2. Menyebutkan watak tokoh cerita dongeng.
3. Menyebutkan nilai pesan (amanat) yang terkandung dalam cerita dongeng.
4. Menceritakan kembali isi cerita dongeng dengan bahasa dialek.




Mengetahui : Cilacap, 14 Juli 2008
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran


Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H.
NIP NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar