Kamis, 17 Maret 2011

rpp basa jawa smp kelas 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA JAWA

KELAS VIII
SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2008/2009





































Guru Mata Pelajaran
PRIYONO, S.H.



SMP AL ISLAM CIPARI
Jl. Utara Pintu KA No 31 Cipari Cilacap


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 1
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan dan memahami percakapan dalam berbagai kegiatan di lingkungan sekolah dan di rumah/masyarakat

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
Mampu mendengarkan teks percakapan siswa dengan siswa tentang lingkungan sekolah.
Mampu menentukan isi percakapan dengan ragam ngoko.
Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam ngoko.
Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam krama.
Mampu menentukan nilai-nilau luhur pada teks percakapan.

D. MATERI POKOK
Teks percakapan di sekolah

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan appersepsi.
b. Mendengarkan teks teks percakapan antara siswa dengan siswa tentang lingkungan sekolah.
c. Menentukan ragam bahasa dalam percakapan
d. Menentukan isi pecakapan.
e. Mengungkapkan isi percakapan dengan ragam ngoko dan krama
f. Menentukan nilai-nilai luhur pada teks percakapan
g. Pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa
Tertulis (membuat teks percakapan dengan ragam dialek Banyumasan)




Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran




Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 2
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar.

B. KOMPETENSI DASAR
Bercerita

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
Mampu menyusun seara tertulis pengalaman pribadi brtema lingkungan dengan ragam ngoko.
Mampu menginformasikan secara lisan pengalaman yang telah ditulis.
Mampu memberikan tanggapan tentang pengalaman pribadi yang disampaikan teman.

D. MATERI POKOK
Pengalaman pribadi yang mengesankan

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan apperseepsi dan pree test
b. Guru memberikan contoh cerita pengalaman pribadi yang mengesankan.
c. Guru memberi tugas siswa untuk menyusun secara tertulis pengalaman pribadi yang paling mengesankan bertema lingkungan dengan ragam ngoko.
d. Sioswa menginformasikan secara lisan pengalaman pribadi yang telah ditulis.
e. Memberikan tanggapan tentang pengalaman pribadi yang disampaikan teman.
f. Pelaksanaan evaluasi proses selama kbm atau post test.
g. Pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan secara lisan lisan
Tampilkan secara berkelompok teks yang dibuat
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.
Soal :
Buatlah teks pengalaman pribadi yang paling mengesankan bertema lingkungan kurang lebih 150 kata dengan ragam ngoko atau ragam krama




Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran




Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 3
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra.

B. KOMPETENSI DASAR
Membaca dalam hati dan memahami isi bacaan nonsastra missal: tentang lingkungan sekolah

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
Mampu menentukan topik pada teks bacaan.
Mampu menentukan kalimat utama pada tiap paragraph.
Mampu mengungkapkan isi teks bacaan.

D. MATERI POKOK
Teks bacaan nonsastra

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan pree test.
b. Menentukan topic pada teks bacaan.
c. Menentukan kalimat utama pada tiap paragraph (3 paragraf)
d. Mengungkapkan isi teks bacaan
e. Membaca teks bacaan berhuruf Pa Ja Wa dengan sandhangan swara.
f. Mencari sandhangan swara dalam teks bacaan.
g. Latihan menulis aksara jawa dengan pa ja wa.
h. Menentukan nilai luhur pada teks bacaan
i. Kegiatan post tes dan pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 4
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra

B. KOMPETENSI DASAR
Membaca dalam hati dan memahami isi bacaan nonsastra missal: tentang lingkungan sekolah

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
Mampu membaca teks bacaan berhuruf Pa Ja Wa dengan sandhangan swara.
Mampu mencari sandhangan swara dalam teks.
Mampu menentukan nilai luhur pada teks.

D. MATERI POKOK
Teks bacaan huruf Jawa

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan pree test.
b. Menentukan topic pada teks bacaan.
c. Menentukan kalimat utama pada tiap paragraph (3 paragraf)
d. Mengungkapkan isi teks bacaan
e. Membaca teks bacaan berhuruf Pa Ja Wa dengan sandhangan swara.
f. Mencari sandhangan swara dalam teks bacaan.
g. Latihan menulis aksara jawa dengan pa ja wa.
h. Menentukan nilai luhur pada teks bacaan
i. Kegiatan post tes dan pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN

Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa




Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 5
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa.

B. KOMPETENSI DASAR
Menulis pengalaman pribadi sebuah proses

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menuliskan pengalaman pribadi dengan ragam bahasa krama.
b. Membuat/ menuliskan pengalamat pribadi
c. Mampu menyebutkan jenis-jenis surat.
d. Mampu menyebutkan bagian-bagian dalam surat pribadi.
e. Mampu menentukan jenis surat yang sesuai untuk orang yang lebih tua.
f. Mampu menentukan ragam bahasa yang sesuai untuk surat yang disampaikan kepada orang yang lebih tua.

D. MATERI POKOK
Pengalaman pribadi
Surat Pribadi

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan apperseepsi dan pree test
b. Guru memberikan contoh cerita pengalaman pribadi yang mengesankan.
c. Guru memberi tugas siswa untuk menyusun secara tertulis pengalaman pribadi yang paling mengesankan bertema lingkungan dengan ragam ngoko.
d. Sioswa menginformasikan secara lisan pengalaman pribadi yang telah ditulis.
e. Memberikan tanggapan tentang pengalaman pribadi yang disampaikan teman.
f. Mendiskusikan jenis-jenis surat dan bagian-bagian surat pribadi.
g. Siswa membuat contoh surat pribadi kepada orang yang lebih tua.
h. Pelaksanaan evaluasi proses selama kbm atau post test.
i. Pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan secara lisan lisan selama proses kbm.
Tampilkan secara berkelompok teks yang dibuat
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.
Soal :
Buatlah teks pengalaman pribadi yang paling mengesankan bertema lingkungan kurang lebih 150 kata dengan ragam ngoko atau ragam krama


Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 6
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mengapesiasi cerita atau dongeng

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menentukan tokoh dalam dongeng.
b. Mampu menentukan watak tokoh cerita.
c. Mampu menentukan ajaran yang terkandung dalam cerita.

D. MATERI POKOK
Cerita/ dongeng

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi
b. Salah seorang siswa ditunjuk untuk membacakan naskah cerita.
c. Menentukan unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik.
d. Menentukan tokoh dalam dongeng.
e. Menentukan watak tokoh cerita.
f. Menentukan ajaran yang terkandung dalam cerita.
g. Kegiatan evaluasi proses dan pemberian tugas

G. PENILAIAN

Tertulis (Membuat ringkasan cerita)
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.
Gawenen ringkesing cerita kang saka dongeng kang dipunceritakaken dening kancamu utawa gurumu!





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 7
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan dan memahami percakapan dalam berbagai kegiatan di lingkungan sekolah dan di rumah/masyarakat

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu mendengarkan teks percakapan siswa dengan siswa tentang lingkungan sekolah.
b. Mampu menentukan isi percakapan dengan ragam ngoko.
c. Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam ngoko.
d. Mampu mengungkapkan isi percakapan dengan ragam krama.
e. Mampu menentukan nilai-nilau luhur pada teks percakapan.

D. MATERI POKOK
Teks percakapan siswa dengan masyarakat

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Memberi salam untuk membuka pelajaran dan appersepsi.
b. Guru membacakan teks percakapan untuk contoh.
c. Siswa mendengarkan teks percakapan antara siswa dengan siswa tentang lingkungan sekolah.
d. Menentukan isi percakapan.
e. Mengungkapkan isi percakapan dengan ragam ngoko dan krama
f. Menentukan nilai-nilai luhur pada teks percakapan.
g. Pelmberian tugas dan evaluasi proses selama kegiatan kbm
h. Pemberian post test / tugas rumah


G. PENILAIAN
Guru menugaskan siswa untuk membuat teks percakapan.
a. dengan ragam ngoko.
b. Dengan ragam krama.
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa




Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 8
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar.

B. KOMPETENSI DASAR
Bercerita

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menyusun seara tertulis pengalaman pribadi brtema budi pekerti dengan ragam krama.
b. Mampu menginformasikan secara lisan pengalaman yang telah ditulis.
c. Mampu memberikan tanggapan tentang pengalaman pribadi yang disampaikan teman.

D. MATERI POKOK
Pengalaman pribadi yang mengesankan

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan apperseepsi dan pree test
b. Guru memberikan contoh cerita pengalaman pribadi yang mengesankan.
c. Guru memberi tugas siswa untuk menyusun secara tertulis pengalaman pribadi yang paling mengesankan bertema lingkungan dengan ragam ngoko.
d. Siswa menginformasikan secara lisan pengalaman pribadi yang telah ditulis.
e. Memberikan tanggapan tentang pengalaman pribadi yang disampaikan teman.
f. Pelaksanaan evaluasi proses selama kbm atau post test.
g. Pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan secara lisan lisan selama proses kbm.
Tampilkan secara berkelompok teks yang dibuat
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.
Soal :
Buatlah teks pengalaman pribadi yang paling mengesankan bertema lingkungan kurang lebih 150 kata dengan ragam ngoko atau ragam krama




Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 9
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra.

B. KOMPETENSI DASAR
Membaca dalam hati dan memahami isi bacaan nonsastra misal: tentang komunikasi.

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu membaca dengan intonasi yang benar teks bacaan kebersihan.
b. Mampu menentukan topic bacaan.
c. Mampu mengungkapkan isi bacaan dengan bahasa sendiri.
d. Mampu membaca teks bacaan berhuruf Jawa dengan pasangan.
e. Mampu menentukan/menunjukkan jenis pasangan yang digunakan dalam teks bacaan.

D. MATERI POKOK
Teks bacaan nonsastra
Teks bacaan huruf Jawa

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Membaca dengan intonasi yang benar teks bacaan kebersihan.
c. Menentukan topic bacaan.
d. Mengungkapkan isi bacaan dengan bahasa sendiri.
e. Membaca teks bacaan berhuruf Jawa dengan pasangan.
f. Menentukan/menunjukkan jenis pasangan yang digunakan dalam teks bacaan
g. Evaluasi proses dan pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan secara tertulis dan lisan ( membaca nyaring dan menjawab pertanyaan bacaan)
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 10
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa.

B. KOMPETENSI DASAR
Menulis karangan persuasive.
C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menjelaskan karangan persuasive.
b. Mampu menjelaskan syarat-syarat menulis karangan persuasive.
c. Mampu menyusun karangan persuasive tentang sarana komunikasi.

D. MATERI POKOK
Karangan persuasif

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Menjelaskan karangan persuasive.
c. Menjelaskan syarat-syarat menulis karangan persuasive.
d. Menyusun karangan persuasive tentang sarana komunikasi.
e. Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.
f. Pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Kegiatan penilaian dilakukan selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung dan diakhir pelajaran.
Gawenen karangan persuasiv kang isine nyritakake kepriye anggonmu mlebu ing SMP AL ISLAM CIPARI





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 11
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu menyusun karangan persuasive tentang sarana komunikasi.

B. KOMPETENSI DASAR
Mengapesiasi susastra Jawa seperti cerita wayang, naskah drama

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menyimak cerita Ramayana
b. Mampu menentukan tokoh-tokoh dalam cerita Ramayana.
c. Mampu meringkas cerita Ramayana
d. Mampu menentukan ajaran yang terkandung dalam cerita Ramayana.

D. MATERI POKOK
Teks cerita Ramayana

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Membaca dan menyimak cerita Ramayana
c. Mendiskusikan cerita Ramayana, unsur-unsur ceriota, tokoh-tokoh dan perwatakan dalam cerita Ramayana.
d. Meringkas cerita Ramayana
e. Menentukan ajaran atau nilai-nilai luhur yang terkandung dalam cerita Ramayana
f. Evaluasi dan p[emberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan secara Tertulis (Membuat ringkasan cerita Ramayana)
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.






Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 12
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan dan memahami cerita teman tentang kegemaran

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu mendengarkan teks teks cerita teman.
b. Mampu menjawab pertanyaan isi bacaan teks cerita teman.
c. Mampu menceritakan kembali teks cerita dari teman dengan dialek Banyumasan..
d. Mampu menentukan nilai-nilai luhur pada teks cerita

D. MATERI POKOK
Teks cerita dari teman

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Mendengarkan teks teks bacaan pariwisata.
c. Membuat dan menjawab pertanyaan dari teks cerita teman.
d. Menggantikan kata-kata dalam teks yang berkaitan dengan pariwisata.
e. Mengungkapkan teks cerita teman ke dalam ragam krama atau ngoko.
f. Evaluasi dan pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN

Penilaian dilakukan secara tertulis (membuat ringkasan teks pariwisatra ragam dialek Banyumasan)
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 13
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar.

B. KOMPETENSI DASAR
Menelpon

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menjelaskan tata cara menelpon.
b. Mampu menentukan ragam bahasa yang digunakan saat menelpon dengan teman sebaya.
c. Mampu menyusun teks percakapan bertelepon dengan teman sebaya.

D. MATERI POKOK
Kirim telepon

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Menyebutkan secara urut tata cara menelpon.
c. Menyebutkan unggah ungguh yang tepat digunakan dalam nenelpon kepada orang yang lebih tua.
d. Menyusun teks percakapan bertelepon secara santun kepada orang yang lebih tua.
e. Menelpon secara santun sesuai dengan keperluan kepada orang yang lebih tua
f. Evaluasi proses dan pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan secara lisan dan tertulis.
Tampilkan secara berkelompok teks yang dibuat
Buatlah naskah pembicaraan lewat telepon dengan unggah-ungguh yang benar.
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 14
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu membaca nyaring dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra.

B. KOMPETENSI DASAR
Membaca dalam hati dan memahami isi bacaan nonsastra misal: tentang wataking manungsa

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menentukan topik pada teks bacaan.
b. Mampu menentukan kalimat utama pada tiap paragraph.
c. Mampu mengungkapkan isi teks bacaan.
d. Mampu membaca teks bacaan berhuruf Jawa dengan sandhangan panyigeg wanda.
e. Mampu mencari sandhangan panyigeg wanda dalam teks.
f. Mampu menentukan nilai luhur pada teks.

D. MATERI POKOK
Teks bacaan nonsastra
Teks bacaan huruf Jawa

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Membaca teks bacaan dengan intonasi yang benar.
c. Menuliskan topic bacaan kalimat utama dan kalimat penjelas.
d. Mengungkapkan isi bacaan.
e. Membaca teks bacaan berhuruf Jawa dengan pasangan dan sandhangan.
f. Menentukan sandangan yang digunakan dalam teks bacaan
g. Menentukan isi teks bacaan berhuruf Jawa.
h. Evaluasi proses dan pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Pernialaian dilakukan secara tertulis (menjawab pertanyaan bacaan)
Latihan menulis aksara jawa lengkap/.
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa




Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 15
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa.

B. KOMPETENSI DASAR
Menulis karangan persuasif

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menjelaskan syarat-syarat menulis karangan persuasive bertema pariwisata.
b. Mampu menyusun naskah karangan persuasive bertema pariwisata tentang keindahan salah satu tempat wisata.

D. MATERI POKOK
Karangan persuasif
Surat Pribadi

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan appersepsi dan pree test.
b. Guru menyajikan dan membacakan karangan persuasiv .
c. Guru menjelaskan syarat-syarat menulis karangan persuasive bertema pariwisata.
d. Menyusun naskah karangan persuasive bertema pariwisata tentang keindahan salah satu tempat wisata
e. Guru memerintahkan siswa untuk membacakan karangan persuasif yang telah dibuatnya.
f. Evaluasi proses dan pemberian tugas rugas rumah.


G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan secara tertulis ( Membuat naskah suratsurat pribadi atau karangan persuasive)
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.






Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/satu
PERTEMUAN KE : 16
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mengapesiasi susastra Jawa seperti cerita wayang, naskah drama

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu membaca teks bacaan cerita wayang Mahabharata.
b. Mampu menentukan tokoh cerita dalam teks bacaan Mahabharata.
c. Mampu menentukan watak tokoh dalam cerite.
d. Mampu menentukan nilai-nilau luhur dalam cerita Mahabharata.

D. MATERI POKOK
Teks cerita wayang

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Membaca teks bacaan cerita wayang Mahabharata.
c. Menentukan tokoh cerita dalam teks bacaan Mahabharata.
d. Menentukan watak tokoh dalam cerita.
e. Menentukan nilai-nilau luhur dalam cerita Mahabharata.
f. Evaluasi proses dan pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN

Penilaian dilakukan secara tertulis (Membuat ringkasan cerita Mahabharata)
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA JAWA

KELAS VIII
SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2008/2009





































Guru Mata Pelajaran
PRIYONO, S.H.



SMP AL ISLAM CIPARI
Jl. Utara Pintu KA No 31 Cipari Cilacap


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 1
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan dan memahami pengumuman tentang rencana kegiatan sekolah waktu libur

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu nyampaikan isi pengumuman baik secara lisan maupun tertulis.
b. Mampu memberikan tanggapam.

D. MATERI POKOK
Teks pengumuman

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Guru menyajikan teks pengumuman, menyebutkan unsur dan syarat perngumuman yang baik.
c. Mendengarkan teks pengumuman.
d. Memberi tanggapan.
e. Siswa diberi tugas untuk membuat pengumuman dan membacakannya di depan teman.
f. Siswa lain memberikan tanggapan.
g. Membuat kesimpulan dan pemberian tugas rumah.


G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.
Latihan membuat teks pengumuman di lingkungan rumah / masyarakat.





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 2
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan dan memahami isi berita yang dibacakan atau disiarkan melalui radio.

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menuliskan pokok-pokok berita yang didengar.
b. Mampu menuliskan isi berita.
c. Mampu memberikan tanggapan.

D. MATERI POKOK
Teks berita

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Mendiskusikan ruang lingkup berita.
c. Menuliskan pokok-pokok berita yang didengar.
d. Menuliskan isi berita.
e. Memberikan tanggapan
f. Evaluasi proses dan pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Peniaian dilakukan secara lisan dengan membacakan berita yang didapat dari media radio.
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 3
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar

B. KOMPETENSI DASAR
Berdialog

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
Mampu mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau bertanya jawab sesuai konteks pembicaraan dengan santun bahasa yang tepat.

D. MATERI POKOK
Teks dialog.

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Melaksanakan appersepsi dan pre tset.
b. Memberi contoh teks dialog dan mendiskusikannya.
c. Menggunakan ragam basa yang tepat dalam dialog.
d. Mendiskusikan isi dialog.
e. Latihan membuat dialog dengan unggah-ungguh basa yang tepat.
f. Mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau bertanya jawab sesuai konteks pembicaraan dengan santun bahasa yang tepat.
g. Kegiatan penutup dan pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Penialaian dilakukan secara lisan
Tampilkan secara berkelompok teks yang dibuat
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 4
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu membaca indah dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra.

B. KOMPETENSI DASAR
a. Membaca indah
b. Membaca bacaan berhuruf Jawa tentang kesehatan (1 alinea kurang lebih 5 s.d 6 kalimat)

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu membaca karya sastra missal geguritan cerkak sesuai dengan lafal, intonasi dan irama yang benar.
b. Membaca dan melafalkan bacaan dengan benar.
c. mampu menyalin bacaan ke dalam huruf Latin dengan benar.

D. MATERI POKOK
a. Teks bacaan sastra (geguritan, cerkak, dongeng dsb)
b. Teks bacaan huruf Jawa

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan appersepsi dan pertanyaan pendahuluan pelajaran.
b. Menyajikan geguritan yang menarik.
c. Mendiskusikan unsur-unsur geguritan, isi, dan keindahan yang disajikan.
d. Latihan membaca karya sastra missal geguritan cerkak, sesuai dengan lafal, intonasi dan irama yang benar
e. Penilaian proses dari pembacaan geguritan yang dibuat sendiri atau dari contoh.
f. Menulis dan membaca bacaan huruf Jawa
g. Evaluasi proses dan pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.
Siswa diberi tugas membuat geguritan dengan tema bebas dan membacanya didepan kelas
Siswa diberi tugas menulis aksara Jawa.





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 5
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa
B. KOMPETENSI DASAR
Menulis pengumuman
Menulis dialog
C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menulis pengumuman dengan bahasa yang efektif dan komunikatif missal tentang rencana kunjungan ke suatu tempat.
b. Mampu menulis dialog dalam ragam ngoko (antar sesame/teman)
c. Mampu menulis dialog dalam ragam krama (dengan orang tua/guru)
D. MATERI POKOK
Teks pengumuman
Teks dialog ragam ngoko dan krama
E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang
F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan pendahuluan dan koreksi tugas rumah.
b. Guru menyajikan teks pengumuman, menyebutkan unsur dan syarat perngumuman yang baik.
c. Mendengarkan teks pengumuman.
d. Memberi tanggapan.
e. Siswa diberi tugas untuk membuat pengumuman dan membacakannya di depan teman.
f. Siswa lain memberikan tanggapan.
g. Memberi contoh teks dialog dan mendiskusikannya.
h. Menggunakan ragam basa yang tepat dalam dialog.
i. Mendiskusikan isi dialog.
j. Latihan membuat dialog dengan unggah-ungguh basa yang tepat.
k. Mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau bertanya jawab sesuai konteks pembicaraan dengan santun bahasa yang tepat.
l. Menulis dialog dalam ragam ngoko (antar sesame/teman)
m. Menulis dialog dalam ragam krama (dengan orang tua/guru)
n. Evaluasi proses, membuat kesimpulan dan pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan secara tertulis ( Membuat naskah pengumuman)
Membuat dialog
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa


Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 6
ALOKASI WAKTU :


A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mengapesiasi cerita cekak

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menyebutkan dan menuliskan nama tokoh-tokoh cerita cekak
b. Mampu menyebutkan setting cerita
c. Mampu menjelaskan isi cerita dalam bahasa sehari-hari/ragam tertentu
d. Mampu menvceritakan kembali.

D. MATERI POKOK
Cerita cekak

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Menyebutkan dan menuliskan nama tokoh-tokoh cerita cekak
c. Menyebutkan setting cerita
d. Menjelaskan isi cerita dalam bahasa sehari-hari/ragam tertentu
e. Menvceritakan kembali.
f. Menarik kesimpulan atau pesan yang tertuang
g. Evaluasi dan pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan secara tertulis (Membuat ringkasan cerita)
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 7
ALOKASI WAKTU :


A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mengapresiasi tembang macapat atau geguritan

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menarik kesimpulan atau pesan yang tertuang.
b. Mampu menembangkan tembang macapat dengan baik.
c. Mampu membaca geguritan dengan baik.
d. Mampu menuliskan isi tembang atau geguritan.

D. MATERI POKOK
Teks tembang macapat atau geguritan

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan appersepsi dan pertanyaan pendahuluan pelajaran.
b. Menyajikan geguritan yang menarik.
c. Mendiskusikan unsur-unsur geguritan, isi, dan keindahan yang disajikan.
d. Latihan membaca karya sastra missal geguritan cerkak, sesuai dengan lafal, intonasi dan irama yang benar
e. Penilaian proses dari pembacaan geguritan yang dibuat sendiri atau dari contoh.
f. Menembangkan tembang macapat dengan baik.
g. Membaca geguritan dengan baik.
h. Menuliskan isi tembang atau geguritan
i. Pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.
Siswa menyebutkan guru gatra, guru lagu dan guru wilangan.
Siswa menganalisa isi dan maksud yang terkandung dalam tembang macapat dan atau geguritan





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 8
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa
B. KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan dan memahami pengumuman tentang rencana kegiatan sekolah waktu libur Mendengarkan dan memahami pengumuman tentang rencana kegiatan sekolah waktu libur
Mendengarkan dan memahami isi berita yang dibacakan atau disiarkan melalui radio.
C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu nyampaikan isi pengumuman baik secara lisan maupun tertulis.
b. Mampu memberikan tanggapam.
c. Mampu menuliskan pokok-pokok berita yang didengar.
d. Mampu menuliskan isi berita.
e. mpu memberikan tanggapan.
D. MATERI POKOK
Teks pengumuman
Teks berita
E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang
F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Guru menyajikan teks pengumuman, menyebutkan unsur dan syarat perngumuman yang baik.
c. Mendengarkan teks pengumuman.
d. Memberi tanggapan.
e. Siswa diberi tugas untuk membuat pengumuman dan membacakannya di depan teman.
f. Siswa lain memberikan tanggapan.
g. Mendengarkan teks pengumuman.
h. Memberi tanggapan
i. Menyajikan berita yang baik dan mendiskusikannya.
j. Menuliskan pokok-pokok berita yang didengar.
k. Menuliskan isi berita.
l. Memberikan tanggapan
m. Membuat kesimpulan dan pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.
Penilaian dilakukan secara tertulis (membuat teks pengumuman)
Siswa diberi tugas untuk membaca berita dan menulis berita dalam basa jawa dari media yang ada, khususnya media radio lokal yang menyajikan siaran berita dalam bahasa jawa



Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 9
ALOKASI WAKTU :


A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar.

B. KOMPETENSI DASAR
Berdialog

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
Mampu mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau bertanya jawab sesuai konteks pembicaraan dengan santun bahasa yang tepat.

D. MATERI POKOK
Teks dialog

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Melaksanakan appersepsi dan pre tset.
b. Memberi contoh teks dialog dan mendiskusikannya.
c. Menggunakan ragam basa yang tepat dalam dialog.
d. Mendiskusikan isi dialog.
e. Latihan membuat dialog dengan unggah-ungguh basa yang tepat.
f. Mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau bertanya jawab sesuai konteks pembicaraan dengan santun bahasa yang tepat.
g. Menulis dialog dalam ragam ngoko (antar sesame/teman)
h. Menulis dialog dalam ragam krama (dengan orang tua/guru)
i. Kegiatan penutup dan pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Penialaian dilakukan secara lisan
Tampilkan secara berkelompok teks yang dibuat
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 10
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu membaca indah dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra.

B. KOMPETENSI DASAR
Membaca indah
Membaca bacaan berhuruf Jawa tentang kesehatan (1 alinea kurang lebih 5 s.d 6 kalimat)

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu membaca karya sastra missal geguritan cerkak sesuai dengan lafal, intonasi dan irama yang benar.
b. Membaca dan melafalkan bacaan dengan benar.
c. mampu menyalin bacaan ke dalam huruf Latin dengan benar.

D. MATERI POKOK
Teks bacaan sastra (geguritan, cerkak, dongeng dsb)
Teks bacaan huruf Jawa

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan appersepsi dan pertanyaan pendahuluan pelajaran.
b. Menyajikan geguritan yang menarik.
c. Mendiskusikan unsur-unsur geguritan, isi, dan keindahan yang disajikan.
d. Latihan membaca karya sastra missal geguritan cerkak, sesuai dengan lafal, intonasi dan irama yang benar
e. Penilaian proses dari pembacaan geguritan yang dibuat sendiri atau dari contoh.
f. Guru menyajikan Teks bacaan berhuruf Jawa
g. Menyalin bacaan ke dalam huruf Latin dengan benar
h. Siswa disuruh menyalin huruf latin ke huruf jawa.
i. Teks bacaan berhuruf Jawa
j. Menyalin bacaan ke dalam huruf Latin dengan benar
k. Pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa.
Penialaian proses secara lisan dengan membaca gegurtan.
Siswa diberi tugas untuk menyalin tulisan latin kedalam tulisan huruf Jawa dengan lengkap.





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 11
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa.
B. KOMPETENSI DASAR
Menulis pengumuman
Menulis dialog
C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menulis pengumuman dengan bahasa yang efektif dan komunikatif missal tentang rencana kunjungan ke suatu tempat.
b. Mampu menulis dialog dalam ragam ngoko (antar sesame/teman)
c. Mampu menulis dialog dalam ragam krama (dengan orang tua/guru)
D. MATERI POKOK
Teks pengumuman
Teks dialog ragam ngoko dan krama
E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang
F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan pendahuluan dan koreksi tugas rumah.
b. Guru menyajikan teks pengumuman, menyebutkan unsur dan syarat perngumuman yang baik.
c. Mendengarkan teks pengumuman.
d. Memberi tanggapan.
e. Siswa diberi tugas untuk membuat pengumuman dan membacakannya di depan teman.
f. Siswa lain memberikan tanggapan.
g. Memberi contoh teks dialog dan mendiskusikannya.
h. Menggunakan ragam basa yang tepat dalam dialog.
i. Mendiskusikan isi dialog.
j. Latihan membuat dialog dengan unggah-ungguh basa yang tepat.
k. Mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau bertanya jawab sesuai konteks pembicaraan dengan santun bahasa yang tepat.
l. Menulis dialog dalam ragam ngoko (antar sesame/teman)
m. Menulis dialog dalam ragam krama (dengan orang tua/guru
n. Membuat kesimpulan dan pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa




Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 12
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa
B. KOMPETENSI DASAR
Mengapesiasi cerita cekak
Mengapresiasi tembang macapatatau geguritan
C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menyebutkan dan menuliskan nama tokoh-tokoh cerita cekak
b. Mampu menyebutkan setting cerita
c. Mampu menjelaskan isi cerita dalam bahasa sehari-hari/ragam tertentu
d. Mampu menvceritakan kembali.
e. Mampu menarik kesimpulan atau pesan yang tertuang.
f. Mampu menembangkan tembang macapat dengan baik.
g. Mampu membaca geguritan dengan baik.
h. Mampu menuliskan isi tembang atau geguritan.
D. MATERI POKOK
Cerita cekak
Teks tembang macapat atau geguritan
E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang
F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Menyebutkan dan menuliskan nama tokoh-tokoh cerita cekak
c. Menyebutkan setting cerita
d. Menjelaskan isi cerita dalam bahasa sehari-hari/ragam tertentu
e. Menvceritakan kembali.
f. Menarik kesimpulan atau pesan yang tertuang
g. Menuliskan isi tembang atau geguritan
h. Menembangkan tembang macapat dengan baik.
i. Membaca geguritan dengan baik.
j. Menuliskan isi tembang atau geguritan
k. Pemberian tugas rumah.

G. PENILAIAN

Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa




Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 13
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan dan memahami pengumuman tentang rencana kegiatan sekolah waktu libur
Mendengarkan dan memahami isi berita yang dibacakan atau disiarkan melalui radio.

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu nyampaikan isi pengumuman baik secara lisan maupun tertulis.
b. Mampu memberikan tanggapam.
c. Mampu menuliskan pokok-pokok berita yang didengar.
d. Mampu menuliskan isi berita.
e. Mampu memberikan tanggapan.

D. MATERI POKOK
Teks pengumuman
Teks berita

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan pendahuluan dan koreksi tugas rumah.
b. Guru menyajikan teks pengumuman, menyebutkan unsur dan syarat perngumuman yang baik.
c. Mendengarkan teks pengumuman.
d. Memberi tanggapan.
e. Siswa diberi tugas untuk membuat pengumuman dan membacakannya di depan teman.
f. Siswa lain memberikan tanggapan.
g. Menulis pengumuman dengan bahasa yang efektif dan komunikatif missal tentang rencana kunjungan ke suatu tempat
h. Menyajikan berita yang baik dan mendiskusikannya.
i. Menuliskan pokok-pokok berita yang didengar.
j. Menuliskan isi berita.
k. Memberikan tanggapan
l. Membuat kesimpulan dan pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN

Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa



Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 14
ALOKASI WAKTU :


A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang benar.

B. KOMPETENSI DASAR
Berdialog

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
Mampu mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau bertanya jawab sesuai konteks pembicaraan dengan santun bahasa yang tepat.

D. MATERI POKOK
Teks dialog

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Melaksanakan appersepsi dan pre tset.
b. Memberi contoh teks dialog dan mendiskusikannya.
c. Menggunakan ragam basa yang tepat dalam dialog.
d. Mendiskusikan isi dialog.
e. Latihan membuat dialog dengan unggah-ungguh basa yang tepat.
f. Mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau bertanya jawab sesuai konteks pembicaraan dengan santun bahasa yang tepat.
g. Menulis dialog dalam ragam ngoko (antar sesame/teman)
h. Menulis dialog dalam ragam krama (dengan orang tua/guru)
i. Kegiatan penutup dan pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa






Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 15
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu membaca indah dan memahami isi bacaan dengan baik, sastra maupun nonsastra.

B. KOMPETENSI DASAR
Membaca indah
Membaca bacaan berhuruf Jawa tentang kesehatan (1 alinea kurang lebih 5 s.d 6 kalimat)

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu membaca karya sastra missal geguritan cerkak sesuai dengan lafal, intonasi dan irama yang benar.
b. Membaca dan melafalkan bacaan dengan benar.
c. mampu menyalin bacaan ke dalam huruf Latin dengan benar.

D. MATERI POKOK
Teks bacaan sastra (geguritan, cerkak, dongeng dsb)
Teks bacaan huruf Jawa

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan appersepsi dan pertanyaan pendahuluan pelajaran.
b. Menyajikan geguritan yang menarik.
c. Mendiskusikan unsur-unsur geguritan, isi, dan keindahan yang disajikan.
d. Latihan membaca karya sastra missal geguritan cerkak, sesuai dengan lafal, intonasi dan irama yang benar
e. Penilaian proses dari pembacaan geguritan yang dibuat sendiri atau dari contoh.
f. Guru menyajikan Teks bacaan berhuruf Jawa
g. Menyalin bacaan ke dalam huruf Latin dengan benar
h. Siswa disuruh menyalin huruf latin ke huruf jawa.
i. Teks bacaan berhuruf Jawa
j. Menyalin bacaan ke dalam huruf Latin dengan benar
k. Pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa





Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 16
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulis dalam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa.

B. KOMPETENSI DASAR
Menulis pengumuman
Menulis dialog

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menulis pengumuman dengan bahasa yang efektif dan komunikatif missal tentang rencana kunjungan ke suatu tempat.
b. Mampu menulis dialog dalam ragam ngoko (antar sesame/teman)
c. Mampu menulis dialog dalam ragam krama (dengan orang tua/guru)

D. MATERI POKOK
Teks pengumuman
Teks dialog ragam ngoko dan krama

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan pendahuluan dan koreksi tugas rumah.
b. Guru menyajikan teks pengumuman, menyebutkan unsur dan syarat perngumuman yang baik.
c. Mendengarkan teks pengumuman.
d. Memberi tanggapan.
e. Siswa diberi tugas untuk membuat pengumuman dan membacakannya di depan teman.
f. Siswa lain memberikan tanggapan.
g. Memberi contoh teks dialog dan mendiskusikannya.
h. Menggunakan ragam basa yang tepat dalam dialog.
i. Mendiskusikan isi dialog.
j. Latihan membuat dialog dengan unggah-ungguh basa yang tepat.
k. Mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau bertanya jawab sesuai konteks pembicaraan dengan santun bahasa yang tepat.
l. Menulis dialog dalam ragam ngoko (antar sesame/teman)
m. Menulis dialog dalam ragam krama (dengan orang tua/guru)
n. Evaluasi proses, membuat kesimpulan dan pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN
Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa

Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : Basa Jawa
KELAS/SEMESTER : VIII/dua.
PERTEMUAN KE : 17
ALOKASI WAKTU :

A. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mengapresiasikan susastra Jawa

B. KOMPETENSI DASAR
Mengapesiasi cerita cekak
Mengapresiasi tembang macapat atau geguritan

C. INDIKATOR KEBERHASILAN
a. Mampu menyebutkan dan menuliskan nama tokoh-tokoh cerita cekak
b. Mampu menyebutkan setting cerita
c. Mampu menjelaskan isi cerita dalam bahasa sehari-hari/ragam tertentu
d. Mampu menvceritakan kembali.
e. Mampu menarik kesimpulan atau pesan yang tertuang.
f. Mampu menembangkan tembang macapat dengan baik.
g. Mampu membaca geguritan dengan baik.
h. Mampu menuliskan isi tembang atau geguritan.

D. MATERI POKOK
Cerita cekak
Teks tembang macapat atau geguritan

E. METODE DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, penugasan
Sumber Pembelajaran : LKS Basa Jawa Wijaya Kusuma, penerbit MKKS-MGMP Kabupaten Cilacap
Buku Pegangan Basa Jawa Jilid 1, penerbit Aneka Ilmu Semarang

F. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan appersepsi dan penilaian tugas rumah.
b. Menyebutkan dan menuliskan nama tokoh-tokoh cerita cekak
c. Menyebutkan setting cerita
d. Menjelaskan isi cerita dalam bahasa sehari-hari/ragam tertentu
e. Menvceritakan kembali.
f. Menarik kesimpulan atau pesan yang tertuang
g. Menuliskan isi tembang atau geguritan
h. Menembangkan tembang macapat dengan baik.
i. Membaca geguritan dengan baik.
j. Menuliskan isi tembang atau geguritan
k. Pemberian tugas rumah

G. PENILAIAN

Penilaian dilakukan selama proses belajar dan dari hasil kerja siswa


Mengetahui : Cipari, 14 Juli 2008.
Kepala SMP Al Islam Cipari Guru Mata Pelajaran



Samingun Muhtar N, S.Pd. Priyono, S.H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar