PROPOSAL PENDIRIAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
SMP IT AL MUCHSON
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
OLEH :
YAYASAN ADY YAKSA NUGRAHA
( A K S A N U )
Jalan Raya Kawunganten, Kawunganten, Cilacap Kode Pos
53253
Telepon (0282) 5501188, 081327052980
Kata
Pengantar
Sasaran umum
pembangunan jangka panjang adalah terciptanya kualitas manusia Indonesia yang
maju dan mandiri didalam suasana tentram sejahtera lahir batin, dalam tata
kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara yang berdasarkan pancasila. Manusia dan
masyarakat yang maju dan mandiri adalah manusia dan masyarakat yang berkualitas
utuh, yaitu yang beriman, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju,
produktif, sehat jasmani dan rohani, serta mempunyai tanggung jawab
kesetiakawanan social dan disiplin tinggi.
Sejalan
dengan hal tersebut, undang-undang tentang sistem Pendidikan Nasional
menyatakan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta
meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan
tujuan nasional. Setiap warga Negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh
pendidikan serta kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti pendidikan agar
memperoleh pengetaahuan, kemampuan, keterampilan yang berkualitas.
Berdasarkan
skala intelegensi Wechter. Munandar (1992) menyatakan anak berbakat intelektual
tergolong “sangat unggul” (IQ >130) berjumlah 2,2% dan tergolong “unggul”
(IQ 120-129) berjumlah 6,7% dari populasinya. Keuntungan lain dengan
penyelenggaraan sekolah unggulan ini untuk memacu pemerataan kualitas
pendidikan nasional. Dari segi efektifitas penggunaan sumber daya,
penyelenggaraan sekolah unggulan memiliki nilai strategis dalam memacu
keterlibatan dunia swasta untuk turut berperan serta secara aktif dalam
pembangunan pendidikan. Dengan adanya pengembangan ciri-ciri keunggulan
tertentu yang sesuai dengan kekhasan potensi ekonomi, social dan budaya daerah
setempat, penyelenggaraan sekolah unggulan memberikan kontribusi yang besar
dalam pembangunan.
Maka dari
itu sedini mungkin untuk dipersiapkan dan dirancang peningkatan mutu sumber
daya manusia melalui pendidikan formal sejak usia menginjak dewasa. Sehingga
Yayasan Ady Yaksa Nugraha (AKSANU) yang berdiri dengan Akta Notaris Sumardi,
SH, Nomor 36 di Cilacap pada tanggal 16 Oktober 2006 dan telah diperbaharui
Akta Yayasan tersebut oleh Notaris Basiran, S.H, M. Kn dengan Akta Nomor 02
tanggal 12 Mei 2015 serta telah disahkannya Yayasan tesebut diatas oleh Menteri
Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada tanggal 29 November 2006
dengan Nomor : C-2752.HT.01.02.TH.2006, dan Yayasan juga telah mempunyai Pondok
Pesantren Al Muhibbin yang telah terdaftar di Kementerian Agama Republik
Indonesia Kantor Kabupaten Cilacap dengan Nomor Statistik Pesantren
510333010182 terhitung sejak tanggal 29 April 2011, dengan demikian Yayasan Ady
Yaksa Nugraha bemaksud mendirikan Sekolah Menengah Pertama SMP IT Al Muchson
mulai Tahun Pelajaran 2016/2017.
Untuk it
melalui proposal ini kiranya kami sangat berharap diberikannya rekomendasi dari
Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Cilacap dan Rekomendasi dari
Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Cilacap untuk ijin operasional
berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar di lembaga kami ini, sehingga
diharapkan mampu memberikan sumbang-sih yang berharga bagi pembangunan sumber
daya manusia Indonesia seutuhnya.
Kawunganten, 21
September 2015
Yayasan Ady Yaksa Nugraha
UMI NUROHMAH.
Ketua
Yayasan
DAFTAR ISI
Halaman Judul............................................................................................... i
Kata Pengantar.............................................................................................. ii
Daftar Isi........................................................................................................ iii
BAB
I : PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.......................................................................
B.
Maksud dan Tujuan...............................................................
C.
Potensi Pendukung...............................................................
D.
Waktu dan Tempat................................................................
E.
Tujuan SMP IT Al Muchson...................................................
F.
Susunan Kurikulum SMP IT Al Muchson...............................
BAB II : RENCANA KELEMBAGAAN
A.
Jenjang dan Rencana Pendidikan.........................................
B.
Struktur Organisasi SMP IT Al Muchson................................
C.
Personalia Pendidik dan Tenaga Kependidikan......................
D.
Pembagian Tugas .................................................................
E.
Surat Pernyataan Kepemilikan Tanah Yayasan......................
F.
Surat Pernyataan Kesanggupan Membangun
Gedung
SMP IT Al Muchson.................................................
G.
Surat Pernyataan Kesanggupan Memenuhi Sarana
dan
Prasarana
serta Alat Perlengkapan Kegiatan Belajar
Mengajar...............................................................................
H.
Surat Pernyataan Kesanggupan Masuk Pagi.........................
I.
Surat Pernyataan Kesanggupan Melaksanakan
Kurikulum
2013.....................................................................
J.
Logo SMP IT Al Muchson.....................................................
K.
Denah / Gambar Situasi Tanah dan Gedung.........................
L.
Denah Formasi Kelas dan Siswa............................................
M.
SK Pengangkatan Kepala Sekolah.........................................
N.
SK Pengangkatan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan..........
O.
Daftar Inventarisir Sekolah.....................................................
P.
Pembagian Tugas Mengajar..................................................
Q.
Jadwal Pelajaran....................................................................
R.
Skema Pembiayaan................................................................
BAB
III : RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH
BAB
IV : PENUTUP
Daftar
Lampiran
1. Deposito
Berjangka
2. Akta
Yayasan Ady Yaksan Nugraha (AKSANU)
3. Pengesahan
Akta Pendirian Yayasan oleh Menkumham
4. Surat
Keterangan Daftar Wajib Pajak Yayasan
5. Nomor
Statistik Pesantren Al Muhibbin
6. SK
Pembentukan Dewan Pendiri SMP IT Al Muchson
7. Ijasah-ijasah
Tenaga Edukatif / Pendidik
8. Daftar
Riwayat Hidup Kepala Sekolah
9. Daftar
Riwayat Hidup Tenaga Edukatif / Pendidik
10. Ijasah-ijasah
Tenaga Kependidikan
11. Data
siswa lulusan SD/MI Sasaran SMP IT Al Muchson
12. Rekomendasi
Kepala Desa Kawunganten Lor
13. Rekomendasi
Kepala UPTD Kecamatan Kawunganten
14. Rekomendasi
Camat Kecamatan Kawunganten
BAB
I : PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kualitas
dan
daya saing umat pada era global juga
ditentukan oleh
pendidikan berkualitas tinggi untuk generasi muda.
Program pendidikan berkualitas tinggi harus dirancang secara cermat dan didukung
penerapan
iptek pendidikan yang up-to-date, dengan tetap berlandaskan
pada tuntunan agama Islam.
Saat ini, ada segmen khusus masyarakat di Kabupaten Cilacap Propinsi Jawa Tengah dan sekitarnya yang mendambakan kehadiran sekolah baru, yang mampu mengemas
dan
menyajikan program
pendidikan umum berciri
Islam berkualitas tinggi yang
berbasis iptek. Lembaga pendidikan tersebut harus
berupa organisasi modern yang didukung
oleh
perangkat brainware, software, hardware, dan organware yang
kuat, dalam spirit perjuangan
dan pengabdian kepada Allah Swt.
Sekolah baru yang diusulkan adalah Sekolah
Menengah Pertama Islam Terpadu Al Muchson (SMP IT Al Muchson ) Kawunganten, di bawah naungan Yayasan Ady
Yaksa Nugraha (AKSANU).
Sebagai organisasi modern milik umat, Yayasan Ady Yaksa Nugraha harus dikelola secara profesional dan
didukung iptek, dengan mengedepankan
upaya peningkatan kinerja (kualitas produk dan pelayanan), kesehatan organisasi,
serta transparansi dan akuntabilitas publik.
B.
Maksud
dan Tujuan
Secara garis besar, tujuan utama yang ingin dicapai Yayasan Ady Yaksa Nugraha (AKSANU)
melalui SMP IT Al Muchson Kawunganten adalah:
1. Memberikan
kontribusi
signifikan
terhadap
peningkatan
kualitas
SDM dan daya saing
bangsa
dalam menghadapi percaturan global yang semakin
kompetitif;
2. Menyajikan layanan
program pendidikan dasar dan
menengah berciri
Islam
berkualitas tinggi
yang
unik
dan
modern untuk
menghasilkan SDM unggul
berwawasan global yang memiliki martabat
dan daya
saing tinggi, sehingga mampu menjadi pelopor terwujudnya masyarakat madani;
3. Membangun dan mengembangkan
lembaga
pendidikan berciri Islam
yang unggul dan bermartabat, serta
sehat dan berkelanjutan dengan
sistem
tata kelola baik, amanah,
jujur, adil,
dan tegas sehingga dapat menjadi lembaga pendidikan
teladan yang baik.
C.
Potensi
Pendukung
Beberapa alternatif yang dapat kami kemukakan dengan
didirikan dan dibukanya SMP IT Al Muchson Kawunganten antara lain sebagai
berikut :
1)
Pertumbuhan dan Perkembangan perekonomia yang
demikian cepat telah banyak megantarkan kesuksesan pada keluarga kurang mampu
menjadi mampu, sehingga dengan adanya peningkatan ekonomi yang signifikan
keluarga mementingkan dan mengutamakan pendidikan anak yang bermutu, unggul dan
mampu memberi bekal ilmu pengetahuan untuk hidup diduniadan akherat kelak.
2)
Tidak adanya Sekolah Menengah Pertama yang
telah memberikan pelayanan pendidikan yang kompleks dan lengkap dengan meadukan
kurikulum pendidikan nasional (Kurikulum 2013) dengan kurikulum di pondok
pesantren sekaligus kurikulum di lembaga pendidikan pelatihan dan ketrampilan.
3)
Adanya dukungan dan berbagai pihak, tokoh
masyarakat, Pemerintah Daerah, kaum ulama, Lembaga Pendidikan SD/MI di wilayah
sasaran, Disdikpora Kecamatan Kawunganten, dan lain sebagainya terhadap untuk
segera didirikan dan dibukanya SMP IT Al Muchson Kawunganten. Kesemuanya
tersebut merupakan asset daerah yang menentukan dan mendesak untuk
segeradiwujudkan.
D.
Waktu
dan Tempat
Pendirian dan pembukaan SMP IT Al Muchson Kawunganten
dibawah naungan Yayasan Ady Yaksa Nugraha ini direncanakan beroperasi mulai
Tahun Pelajaran 2016/2017. Pada tahun pertama SMP IT Al Muchson Kawunganten
diharapkan mampu menampung dua kelas paralel atau sejumlah enam puluh empat
siswa.
Pemberian materi pelajaran, pendidikan, pembiasaan dan
pelatihan serta pengembangan bakat siswa dilaksanakan setiap hari selama satu
minggu penuh sejak peserta didik mulai bangun pagi sapai dengan menjelang tidur
dengan pendekatan peserta didik tinggal dalam asrama sekolah. Adapun tempat
berlangsungnya kegiatan pembelajaran, pendidikan, pembiasaan dan pelatihan
serta pengembangan bakat siswa bertempat di Gedung dan Areal Lokasi Milik
Yayasan Ady Yaksa Nugraha (AKSANU) yang beralamat di Dusun Tegalsari RT 02 RW
06 Desa Kawungante Lor Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Propinsi Jawa
Tengah KP. 53263 Telp. 0282-611188, 611616.
E.
Tujuan
SMP IT Al Muchson
Tujuan Umum
Meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, karakter serta
ketrampilan yang berwawasan gender untuk dapat mempersiapkan bekal hidup
didunia dan akherat dan mengikuti pendidikan lebih lanjut ke jenjang pendidikan
yang bermutu.
Tujuan Khusus
a. Terwujudnya pendidikan yang adil dan merata.
b. Terwujudnya
manajemen sekolah yang baik.
c. Terwujudnya pendidikan yang bermutu, efisien dan relevan
dengan pendidikan.
d. Terwujudnya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.
e. Terwujudnya sistim pendidikan yang transparan, akuntabel,
efektif, dan partisipatif.
f. Terwujudnya pengembangan kurikulum yang sesuai dengan
dinamika tuntutan kebutuhan siswa, masyarakat.
g. Terwujudnya sumber daya manusia pendidikan yang handal
h. Terwujudnya
proses pembelajaran yang berwawasan kesetaraan
gender.
i. Terwujudnya prestasi akademik yang tinggi dan disertai karakter budi pekerti yang luhur
j.
Terwujud
prestasi non akademik yang tinggi dan berjiwa kewirausahaan yang handal
k. Terwujudnya Insan yang beriman dan bertaqwa dengan perwujudan
sikap akhlaqul karimah (Akhlak mulia) ;
l. Terwujudnya penggalangan dana pendidikan yang memadai.
Dengan
permusan tujuan sekolah seperti tersebut diatas, maka lulusan SMP IT Al Muchson Kawunganten diharapkan mempunyai kompetensi :
1) Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja
2) Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3) Menunjukkan sikap
percaya diri
4) Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam
lingkungan yang lebih luas
5) Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan
golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
6) Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan
sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
7) Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif
8) Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai
dengan potensi yang dimilikinya
9) Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan
masalah dalam kehidupan sehari-hari
10) Mendeskripsi gejala alam dan sosial
11) Memanfaatkan lingkungan
secara bertanggung jawab
12) Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia
13) Menghargai karya
seni dan budaya nasional
14) Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk
berkarya
15) Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang
16) Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
17) Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
pergaulan di masyarakat
18) Menghargai adanya perbedaan pendapat
19) Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek
sederhana
20) Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca,
dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
21) Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti
pendidikan menengah.
22) Memilki karakter dan apresiasi terhadap perkembangan
masyarakat
23) Memiliki jiwa kewirausahaan yang dapat diandalkan dalam
kehidupan peserta didik.
24) Menghargai kesetaraan gender dan mampu menerapkan dalam
pendidikan lebih lanjut.
F.
Susunan
Kurikulum SMP IT Al Muchson
Struktur
Kurikulum SMP IT Al Muchson Kawunganten adalah sebagai
berikut:
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
BELAJAR PER
MINGGU
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
Kelompok A
|
||||
1.
|
Pendidikan Agama
dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
7.
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
Kelompok B
|
||||
1.
|
Seni Budaya
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Prakarya
|
2
|
2
|
2
|
4.
|
Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok C (Adopsi Kur Pesantren)
|
||||
1.
|
Akhlakul Banin
|
2
|
-
|
-
|
2.
|
Ta’lim
Mutangalim
|
-
|
2
|
-
|
3.
|
Fathul Majid
|
-
|
-
|
2
|
4.
|
Materi Ke-NU-an
|
2
|
2
|
2
|
5.
|
Kitab Kuning
|
4
|
4
|
4
|
6.
|
Sejarah Islam
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok D (Adopsi Kur LPK)
|
||||
1.
|
Menjahit
*)
|
6**
|
6
|
6
|
2.
|
Teknik
Kendaraan Ringan
*)
|
6
|
6
|
6
|
3.
|
Teknik Komputer
dan Internet *)
|
6
|
6
|
6
|
4.
|
Agrobisnis dan
Agrowisata *)
|
6
|
6
|
6
|
Kelompok E (Kegiatan Pembiasaan)
|
||||
1.
|
Bahasa Arab
|
|||
2.
|
Bahasa Inggris
|
|||
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
|||
4.
|
Bahasa Jawa
|
|||
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
|
56
|
56
|
56
|
Keterangan
*).
Adalah mata pelajaran sesuai dengan pilihan peserta didik dan sekolah dapat menentukan
perubahan jenisnya menurut bakat dan minat peserta didik dan atau menurut rapat
orang tua/wali siswa dengan tidak mengurangi alokasi waktu yang telah
ditetapkan.
Pengadopsian
kurikulum Pondok Pesantren dimulai sejak kelas tujuh yaitu dengan penambahan
materi akhlak mengambil dari Kitab Akhlakul Banin untuk kelas tujuh, Kitab
Ta’lim Mutangalim untuk kelas delapan dan Kitab Fathul Majid untuk kelas
sembilan, penambahan materi pelajaran seputar ke-NU-an, Sejarah Islam dan
Kitab-kitab Kuning yang banyak dipelajari di Pesantren dengan alokasi satu
semester menyelesaikan satu Kitab Kuning.
Sedangkan teknik penerapan Kurikulum Lembaga Pendidikan
Ketrampilan dan Pelatihan di SMP IT Al Muchson Kawunganten adalah dengan
menempatkan siswa pada jam-jam tertentu untuk memilih jenis pelatihan
ketrampilan yang disediakan oleh sekolah. Ada empat pilihan ketrampilan yang
disediakan yaitu, Menjahit, Tenik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer dan
Internet, serta Agrobisnis dan Agrowisata. Siswa diarahkan untuk memilih jenis
ketrampilan yang sesuai dengan bakatnya, sekolah menyediakan instruktur atau
guru yang berpengalaman di bidangnya. Jadi pada proses pelatihan ketrampilan
terjadi pembauran antara siswa kelas tujuh, delapa, dan kelas sembilan.
Meskipun terdiri dari tiga buah
kurikulum yang dipadukan, SMP IT Al Muchson Kawunganten hanya mengalokasikan
jam pembelajaran sebanyak 56 per minggu. Alokasi waktu yang disediakan untuk
setiap jam pelajaran adalah sebanyak 40 menit.
Materi kurikulum kelompok E adalah
Kegiatan Pembiasaan. Kegiatan Pembiasaan ini dilakukan dengan pembagian
masing-masing hari. Pembiasaan Bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang
Disempurnakan dialokasikan setiap hari Senin. Pembiasaan berbahasa Arab dijadwalkan
hari Selasa dan Jum’at. Pembiasaan berbahasa Inggris dilakukan pada hari Rabu
dan Sabtu. Sedangkan pembiasaan berbahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh
bahasa yang sesuai dilaksanakan setiap hari Kamis.
BAB II : RENCANA KELEMBAGAAN
A.
Jenjang
dan Rencana Pendidikan
Jenjang dan Lama Pendidikan yang akan
ditempuh di SMP IT Al Muchson Kawunganten adalah sebagai berikut :
a)
Jenjang
pendidikan yang diberlakukan adalah selama 3 (tiga) tahun yang terbagi menjadi
tiga tingkatan kelas, dan terdiri dari enam (6) semester.
b)
Setiap
tingkatan kelas terdiri dari 2 semester yaitu semester ganjil dan semester
genap.
c)
Jenjang
pendidikan satu semester adalah selama enam (6) bulan dengan beban belajar
sesuai dengan muatan kurikulum sekolah yang berlaku.
d)
Dalam
satu minggu terdiri dari 56 jam pelajaran dan empat kegiatan pembiasaan yang
dilaksanakan menurut jadwal yang telah ditentukan oleh sekolah.
B.
Struktur
Organisasi SMP IT Al Muchson
STRUKTUR ORGANISASI
SMP IT AL MUCHSON
KAWUNGANTEN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
1.
Kepala Sekolah : Maskur, S.I.P.
2.
Wakil
Kepala Sekolah :
a)
Urusan
Kurikulum : Nawangi
Dahlia, S.Pd.
b)
Urusan
Kesiswaan : Daryono,
S.Pd.
c)
Urusan
Sarpras :
Mahin Anas Romadona, S.Pd.I.
d)
Urusan
Humas :
Rossyana Prastica, S.Pd.
3. Koordinator
Bimbingan & Penyuluhan : Nuri Defi Parwati,
S.Pd.
4. Pembina Pramuka : Tin Suningsih, S.Pd.
5.
Pembina Drum Band :
6.
Bendahara
Sekolah :
7.
Tata
Usaha :
8.
Kepala
Laboratorium :
9.
Kepala
Perpustakaan :
Sutarjo, S.Pd.
10.
Penjaga
Sekolah / Satpam :
11.
Wali
Kelas :
a)
Kelas
7A :
Trisna Oktavia Lestari, S.Pd.
b) Kelas 7B :
Silvia
Ariyani, S.Pd.
C.
Personalia
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Daftar
Pendidik yang telah menyatakan kesediaanya untuk ikut terlibat dalam kegiatan
di SMP
IT Al Muchson Kawunganten adalah sebagai berikut
NO
|
NAMA GURU
|
PEND/
JUR
|
MAPEL
|
1
|
Maskur,
S.I.P.
|
S1/Ilmu
Pemerintahan
|
PKn
|
2
|
Nawangi
Dahlia, S.Pd.
|
S1/Pend.
B. Inggris
|
B. Inggris
|
3
|
Tin
Suningsih, S.Pd.
|
S1/ Pend.
IPS
|
IPS
|
4
|
Rossyana
Prastica, S.Pd.
|
S1/Pend.
Biologi
|
IPA
|
5
|
Daryono,
S.Pd.
|
S1/ Pend.
Penjaskes
|
Penjaskes
|
6
|
Trisna OL,
S.Pd.
|
S1/Pend.
B. Indonesia
|
B.
Indonesia
|
7
|
Nuri Defi Parwati,
S.Pd.
|
S1/Pend.
BK
|
BP/BK
|
8
|
Sylvia
Ariyani, S.Pd.
|
S1/Pend.IPS
|
IPS
|
9
|
|||
10
|
|||
11
|
|||
12
|
|||
13
|
|||
14
|
|||
15
|
|||
16
|
|||
17
|
|||
18
|
|||
19
|
|||
20
|
|||
21
|
|||
22
|
|||
23
|
|||
24
|
|||
25
|
|||
26
|
|||
27
|
D.
Pembagian
Tugas
TUGAS DAN FUNGSI KEPALA
SEKOLAH.
1. Kepala Sekolah sebagai Pendidik (Educator)
a. Membimbing guru dalam hal menyusun dan
melaksanakan program pengajaran, mengevaluasi hasilbelajar dan melaksanakan
program pengajaran dan remedial.
b. Membimbing karyawan dalam hal menyusun
program kerja dan melaksanakan tugas sehari-hari.
c. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstra
kurikuler, OSIS dan mengikuti lomba diluar sekolah.
d. Mengembangkan staf melalui pendidikan/latihan,
melalui pertemuan, seminar dan diskusi,menyediakan bahan bacaan, memperhatikan
kenaikan pangkat, mengusulkan kenaikan jabatan melalui seleksi calon Kepala
Sekolah.
e. Mengikuti perkembangan iptek melalui
pendidikan/latihan, pertemuan, seminar, diskusi dan bahanbahan.
2. Kepala Sekolah sebagai Manajer (Manager)
a. Mengelola administrasi kegiatan belajar dan
bimbingan konseling dengan memiliki data lengkap administrasi kegiatan belajar
mengajar dan kelengkapan administrasi bimbingan konseling.
b. Mengelola administrasi kesiswaan dengan
memiliki data administrasi kesiswaan dan kegiatan ekstra kurikuler secara
lengkap.
c. Mengelola administrasi ketenagaan dengan
memiliki data administrasi tenaga guru, karyawan (TU / laboran / teknisi /
perpustakaan).
d. Mengelola administrasi keuangan, baik
administrasi keuangan rutin, OPF maupun BP3.
e. Mengelola administrasi sarana/prasarana baik
administrasi gedung/ruang, mebelair, alat laboratorium, perpustakaan.
3. Kepala Sekolah sebagai Pengelola
Administrasi (Administrator)
a. Menyusun program kerja, baik jangka pendek,
menengah maupun jangka panjang.
b. Menyusun organisasi ketenagaan di sekolah,
baik Wakasek, Walikelas, Ka TU, Bendahara, Personalia Pendukung misalnya
pembina perpustakaan, pramuka, OSIS, olah raga. Personalia kegiatan temporer,
seperti Panitia Ujian, panitia peri-ngatan hari besar nasional atau keagamaan
dan sebagainya.
c. Menggerakkan staf/guru/karyawan dengan cara
memberikan arahan dan mengko-ordinasikan pelaksanaan tugas.
d. Mengoptimalkan sumber daya manusia secara
optimal, memanfaatkan sarana/prasarana secara optimal dan merawat sarana
prasarana milik sekolah.
4. Kepala Sekolah sebagai Penyelia (Supervisor)
a. Menyusun program supervisi kelas, kegiatan
ekstra kurikuler dan sebagainya.
b. Melaksanakan program supervisi baik supervisi
kelas, dadakan, kegiatan ekstra kurikuler dan lain-lain.
c. Memanfaatkan hasil supervisi untuk
meningkatkan kinerja guru/karyawan dan untuk pengembangan sekolah.
5. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin (Leader)
a. Memiliki kepribadian yang kuat, jujur,
percaya diri, bertanggungjawab, berani mengambil resiko dan berjiwa besar.
b. Memahami kondisi anak buah, baik guru,
karyawan dan anak didik.
c. Memiliki visi dan memahami misi sekolah yang
diemban.
d. Mampu mengambil keputusan baik urusan intern
maupun ekstern.
e. Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan
maupun tertulis.
6. Kepala Sekolah sebagai Pembaharu (Inovator)
a. Mampu mencari, menemukan dan mengadopsi gagasan
baru dari pihak lain.
b. Mampu melakukan pembaharuan di bagian
kegiatan belajar mengajar dan bim-bingan konseling, pengadaan dan pembinaan
tenaga guru dan karyawan, kegiatan ekstra kurikuler dan mampu melakukan
pembaharuan dalam menggali sumber daya manusia di BP3 dan masyarakat.
7. Kepala Sekolah sebagai Pendorong (Motivator)
a. Mampu mengatur lingkungan kerja.
b. Mampu mengatur pelaksanaan suasana kerja yang
memadai.
c. Mampu menerapkan prinsip memberi penghargaan
maupun sanksi hukuman yang sesuai dengan aturan yang ada.
TUGAS
WAKIL KEPALA SEKOLAH
Membantu dan bertanggung
jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.
Menyusun perencanaan, membuat program
kegiatan dan program pelaksanaan
2.
Pengorganisasian
3.
Pengarahan
4.
Ketenagaan
5.
Pengkoordinasian
6.
Pengawasan
7.
Penilaian
8.
Identifikasi dan pengumpulan data
9.
Mewakili Kepala Sekolah untuk
menghadiri rapat khususnya yang berkaitan dengan masalah pendidikan
10.
Membuat laporan secara berkala
TUGAS
URUSAN KURIKULUM
Membantu dan bertanggung
jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.
Menyusun program pengajaran
2.
Menyusun dan menjabarkan kalender
pendidikan
3.
Menyusun pembagian tugas guru dan
jadwal pelajaran
4.
Menyusun jadwal evaluasi belajar dan
pelaksanaan ujian akhir
5.
Menerapkan kriteria persyaratan
kenaikan kelas dan ketamatan
6.
Mengatur jadwal penerimaan rapor dan
STTB
7.
Mengkoordinasikan, menyusun dan
mengarahkan penyusunan kelengkapan mengajar
8.
Mengatur pelaksaan program perbaikan
dan pengayaan
9.
Mengatur pengembangan MGMP/MGBP dan
koordinator mata pelajaran
10.
Melakukan supervisi administrasi akademis
11.
Melakukan pengarsipan program kurikulum
12.
Penyusunan laporan secara berkala
TUGAS
URUSAN KESISWAAN
Membantu
dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.
Menyusun program pembinaan kesiswaan
(OSIS), meliputi: Kepramukaan, PMR, KIR, UKS, PKS, Paskibraka, pesantren kilat
2.
Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan
pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata
tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS
3.
Membina pengurus OSIS dalam
berorganisasi
4.
Menyusun jadwal dan pembinaan serta
secara berkala dan insidental
5.
Membina dan melaksanakan koordinasi 9 K
6.
Melaksanakan pemilihan calon siswa
berprestasi dan penerima bea siswa
7.
Mengadakan pemilihan siswa untuk
mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
8.
Mengatur mutasi siswa
9.
Menyusun dan membuat kepanitiaan
Penerimaan Siswa Baru dan pelaksanaan MOS
10.
Menyusun dan membuat jadwal kegiatan akhir
tahun sekolah
11.
Menyelenggarakan cerdas cermat dan olah
raga prestasi
12.
Membuat laporan kegiatan kesiswaan secara
berkala
TUGAS
URUSAN SARANA DAN PRASARANA
Membantu dan bertanggung
jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.
Menyusun program pengadaan sarana dan
prasarana
2.
Mengkoordinasikan penggunaan sarana
prasarana
3.
Pengelolaan pembiayaan alat-alat
pengajaran
4.
Mengelola perawatan dan perbaikan
sarana prasarana
5.
Bertanggung jawab terhadap kelengkapan
data sekolah secara keseluruhan
6.
Melaksanakan pembukuan sarana dan
prasarana secara rutin
7.
Menyusun laporan secara berkala
TUGAS
URUSAN HUMAS
Membantu dan bertanggung
jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.
Mengatur dan menyelenggarakan hubungan
sekolah dengan dewan sekolah
2.
Membina hubungan antara sekolah dengan
wali murid
3.
Membina pengembangan antar sekolah
dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya
4.
Membuat dan menyusun program semua
kebutuhan sekolah
5.
Koordinasi dengan semua staf untuk
kelancaran kegiatan sekolah
6.
Menciptakan hubungan yang kondusif
diantara warga sekolah
7.
Melakukan koordinasi dengan semua staf
dan bertanggung jawab untuk mewujudkan 9 K
8.
Menyusun program kegiatan bakti sosial,
karya wisata, dan pameran hasil pendidikan (gebyar pendidikan)
9.
Mewakili Kepala Sekolah apabila
berhalangan untuk menghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum
10.
Menyusun laporan secara berkala
TUGAS
KOORDINATOR TATA USAHA:
Bertanggung jawab kepada
Kepala Sekolah dalam kegiatan:
1.
Penyusunan program kerja tata usaha
sekolah
2.
Pengelolaan dan pengarsipan
surat-surat masuk dan keluar
3.
Pengurusan administrasi sekolah
4.
Pembinaan dan pengembangan karii
pegawai tata usaha sekolah
5.
Penyusunan administrasi sekolah
meliputi kesiswaan dan ketenagaan
6.
Penyusunan dan penyajian
data/statistik sekolah secara keseluruhan
7.
Mengkoordinasikan dan melaksanakan 9
K
8.
Penyusunan laporan pelaksanaan secara
berkala
TUGAS
DAN FUNGSI WALIKELAS
Membantu dan bertanggung
jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1. Pengelolaan Kelas:
a. Tugas
Pokok meliputi:
Ø Mewakili
orang tua dan kepala sekolah dalam lingkungan pendidikan
Ø Meningkatkan
ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Ø Membantu
pengembangan keterampilan anak didik
Ø Membantu
pengembangan kecerdasan anak didik
Ø Mempertinggi
budi pekerti dan kepribadian anak didik
b. Keadaan Anak Didik
Ø Mengetahui
jumlah anak didik
Ø Mengetahui
jumlah anak didik putra (Pa)
Ø Mengetahui
jumlah anak didik putrid (Pi)
Ø Mengetahui
nama-nama anak didik
Ø Mengetahui
identitas lain dari anak didik
Ø Mengetahui
kehadiran anak didik setiap hari
Ø Mengetahui
masalah-masalah yang dihadapi anak didik (tentang pelajaran, status
social/ekonomi, dan lain-lain).
c. Melakukan Penilaian
Ø Tingkah
laku anak didik sehari-hari di sekolah
Ø Kerajinan,
ketekunan, dan kesantunan
Ø Kepribadian/tatib
Ø Dan
lain-lain
d. Mengambil Tindakan Bila Dianggap Perlu
Ø Pemberitahuanh
, pembinaan, dan pengarahan
Ø Peringatan
secara lesan
Ø Peringatan
khusus yang terkait dengan BP/Kepala Sekolah
e. Langkah Tindak Lanjut
Ø Memperhatikan
buku nilai rapor anak didik
Ø Memperhatikan
keberhasilan/kenaikan anak didik
Ø Memperhatikan
kesehatan dan kesejahteraan anak didik
Ø Memperhatikan
dan membina suasana kekeluargaan
2. Penyelenggaraan Administrasi Kelas meliputi:
a. Denah tempat duduk anak didik
b. Papan absensi anak didik
c. Daftar Pelajaran
d. Daftar Piket
e. Buku Absensi
f. Buku Jurnal kelas
g. ata tertib kelas
3. Penyusunan dan pembuatan statistic bulanan anak
didik
4. Pengisian DKN dan Daftar Kelas
5. Pembuatan catatan khusus tentang anak didik
6. Pencatatan mutasi anak didik
7. Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
8. Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar
TUGAS
DAN FUNGSI GURU PEMBIMBING (BP/BK)
Membantu Kepala Sekolah
dalam kegiatan:
1.
Penyusunan dan pelaksanaan program
bimbingan dan konseling
2.
Koordinasi dengan wali kelas dalam
rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi anak didik tentang kesulitan
belajar
3.
Membgerikan layanan dan bimbingan
kepada anak didik agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
4.
Memberikan saran dan pertimbangan
kepada anak didik dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan
lapangan pekerjaan yang sesuai
5.
Mengadakan penilaian pelaksanaan
bimbingan dan konseling
6.
Menyusun statistic hasil penilaian
bimbingan dan konseling
7.
Melaksanakan kegiatan analisis hasil
evaluasi belajar
8.
Menyusun dan melaksanakan program
tindak lanjut bimbingan dan konseling
9.
Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan
bimbingan dan koseling
PUSTAKAWAN
SEKOLAH
Membantu Kepala sekolah
dalam kegiatan:
1.
Perencanaan pengadaan buku/bahan
pustaka/media elektronika
2.
Pelayanan perpustakaan
3.
Perencanaan pengembangan perpustakaan
4.
Pemeliharaan dan perbaikan
buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
5.
Inventarisasi dan pengadministrasian
6.
Penyimpanan buku/bahan pustaka, dan
media elektronika
7.
Menyusun tata tertib perpustakaan
8.
Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan
perpustakaan secara berkala
LABORAN
Membantu Kepala Sekolah
dalam kegiatan:
1.
Perencanaan pengadaan alat dan bahan
laboratorium
2.
Menyusun jadwal dan tata tertib
penggunaan laboratorium
3.
Mengatur penyimpanan, pemeliharaan, dan
perbaikan alat-alat laboratorium
4.
Membuat dan menyusun daftar alat-alat
laboratorium
5.
Inventarisasi dan pengadministrasian
alat-alat laboratorium
6.
Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan
laboratorium secara berkala
TUGAS
POKOK DAN FUNGSI GURU
Bertanggung jawab kepada
Kepala Sekolah dalam melaksanakan KBM, meliputi:
1.
Membuat kelengkapan mengajar dengan
baik dan lengkap
2.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
3.
Melaksanakan kegiatan penilaian proses
belajar, ulangan harian, ulangan umum, dan ujian akhir
4.
Melaksanakan analisis hasil ulangan
harian
5.
Menyusun dan melaksanakan program
perbaikan dan pengayaan
6.
Mengisi daftar nilai anak didik
7.
Melaksanakan kegiatan membimbing
(pengimbasan pengetahuan), kepada guru lain dalam proses pembelajaran
8.
Membuat alat pelajaran/alat peraga
9.
Menumbuh kembangkan sikap menghargai
karya seni
10.
Mengikuti kegiatan pengembangan dan
pemasyarakatan kurikulum
11.
Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
12.
Mengadakan pengembangan program
pembelajaran
13.
Membuat catatan tentang kemajuan hasil
belajar anak didik
14.
Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum
memulai pelajaran
15.
Mengatur kebersihan ruang kelas dan
sekitarnya
16.
Mengumpulkan dan menghitung angka kredit
untuk kenaikan pangkat
TUGAS
GURU PIKET/JAGA:
1.
Meningkatkan pelaksanaan 9 K (keamanan,
kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerindangan, kesehatan,
keteladanan, dan keterbukaan)
2.
Mengadakan pendataan dan mengisi buku
piket
3.
Menertibkan kelas-kelas yang kosong
dengan jalan menginval
4.
Pada jam ke 2 harus berusaha
menghubungi orang tua siswa yang tidak masuk tanpa keterangan melalui telepon,
atau mengunjungi ke rumah bagi yang tidak memiliki telepon
5.
Mencatat: guru dan siswa yang
terlambat, guru dan siswa yang pulang belum waktunya, kelas yang pulang sebelum
waktunya, kejadian-kejadian penting dan berusaha untuk menyelesaikan
6.
Mengawasi siswa sewaktu berada diluar
kelas karena istirahat, dan keliling kelas sambil mengingatkan siswa untuk
beristirahat bagi siswa yang masih berada di dalam kelas
7.
Petugas piket harus hadir paling
sedikit 5 menit sebelum bel masuk.
8.
Melaporkan kasus-kasus yang bersifat
khusus kepada wali kelas atau guru pembimbing
9.
Mengawasi berlakunya tata tertib
sekolah
E.
Surat
Pernyataan Kepemilikan Tanah Yayasan
SURAT
PERNYATAAN
Yang
bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : UMI
NUROHMAH
Tempat tanggal lahir : Cilacap,
5 Maret 1981.
Agama : Islam.
Pekerjaan : Wiraswasta.
Jabatan : Ketua Umum Yayasan Ady Yaksa Nugraha
Alamat : Dusun Tegalsari RT 02 RW 06 Desa Kawunganten
Lor Kec. Kawunganten Kab. Cilacap KP. 53253 Telp. 0282-611188, 611616.
Dengan
ini menyatakan bahwa tanah sertifikat hak milik No. 58 Surat Ukur No. 283 Tahun
1979 atas nama Mohamad Maskur seluas 2.500. M2 yang terletak di Dusun Tegalsari RT 02 RW 06
Desa Kawunganten Lor Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap dengan batas-batas
:
Sebelah
utara : tanah Bapak Darnuji.
Sebelah
barat : tanah Bapak Supardjan dan Bapak H. Djainudin
Sebelah
selatan : tanah Ibu Ngadiyem
Sebelah
timur : Jalan Raya Kawunganten Lor
Adalah
benar-benar telah dihibahkan kepada dan menjadi milik Yayasan Ady Yaksa Nugraha
(AKSANU) serta tidak dijaminkan untuk apapun dan kepada siapapun, selanjutnya
akan dipergunakan untuk kepentingan SMP IT Al Muchson Kawunganten.
Demikian
surat pernyataan ini saya buat dengan sadar tanpa paksaan dan dengan sebenar-benarnya
serta apabila dikemudian hari ternyata tidak sesuai, saya bersedia untuk
mepertanggung-jawabkannya.
Kawunganten, 21
September 2015
Yang Menyatakan
UMI NUROHMAH.
Ketua Umum
F.
Surat
Pernyataan Kesanggupan Membangun Gedung SMP IT Al Muchson
SURAT
PERNYATAAN
Yang
bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : UMI
NUROHMAH
Tempat tanggal lahir : Cilacap,
5 Maret 1981.
Agama : Islam.
Pekerjaan : Wiraswasta.
Jabatan : Ketua Umum Yayasan Ady Yaksa Nugraha
Alamat : Dusun Tegalsari RT 02 RW 06 Desa Kawunganten
Lor Kec. Kawunganten Kab. Cilacap KP. 53253 Telp. 0282-611188, 611616.
Dengan
ini menyatakan sanggup untuk membangun dan atau melengkapi Gedung SMP IT Al
Muchson Kawunganten di Jl. Raya Kawunganten Lor Kec. Kawunganten Kab. Cilacap
sesuai dengan gambar denah terlampir dalam jangka waktu satu tahun terhitung
sejak diberikannya Rekomendasi Pendirian SMP IT Al Muchson Kawunganten oleh
Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Cilacap.
Demikian
surat pernyataan ini saya buat dengan sadar tanpa paksaan dan dengan
sebenar-benarnya serta apabila dikemudian hari ternyata tidak sesuai, saya
bersedia untuk mepertanggung-jawabkannya.
Kawunganten, 21
September 2015
Yang Menyatakan
UMI NUROHMAH.
Ketua Umum
G.
Surat
Pernyataan Kesanggupan Memenuhi Sarana dan Prasarana serta Alat Perlengkapan
Kegiatan Belajar Mengajar
SURAT
PERNYATAAN
Yang
bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : UMI
NUROHMAH
Tempat tanggal lahir : Cilacap,
5 Maret 1981.
Agama : Islam.
Pekerjaan : Wiraswasta.
Jabatan : Ketua Umum Yayasan Ady Yaksa Nugraha
Alamat : Dusun Tegalsari RT 02 RW 06 Desa Kawunganten
Lor Kec. Kawunganten Kab. Cilacap KP. 53253 Telp. 0282-611188, 611616.
Dengan
ini menyatakan sanggup untuk memenuhi sarana dan prasarana serta alat
perlengkapan kegiatan belajar mengajar bagi beroperasinya SMP IT Al Muchson
Kawunganten dalam jangka waktu satu tahun terhitung sejak diberikannya
Rekomendasi Pendirian SMP IT Al Muchson Kawunganten oleh Bupati Kepala Daerah
Tingkat II Kabupaten Cilacap.
Demikian
surat pernyataan ini saya buat dengan sadar tanpa paksaan dan dengan
sebenar-benarnya serta apabila dikemudian hari ternyata tidak sesuai, saya
bersedia untuk mepertanggung-jawabkannya.
Kawunganten, 21
September 2015
Yang Menyatakan
UMI NUROHMAH
Ketua Umum
H.
Surat
Pernyataan Kesanggupan Masuk Pagi
SURAT
PERNYATAAN
Yang
bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : UMI
NUROHMAH
Tempat tanggal lahir : Cilacap,
5 Maret 1981.
Agama : Islam.
Pekerjaan : Wiraswasta.
Jabatan : Ketua Umum Yayasan Ady Yaksa Nugraha
Alamat : Dusun Tegalsari RT 02 RW 06 Desa Kawunganten
Lor Kec. Kawunganten Kab. Cilacap KP. 53253 Telp. 0282-611188, 611616.
Dengan
ini menyatakan sanggup untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar dan
pelatihan di SMP IT Al Muchson Kawunganten pada pagi hari mulai pukul 06.00 WIB
sampai dengan selesai sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sekolah.
Demikian
surat pernyataan ini saya buat dengan sadar tanpa paksaan dan dengan
sebenar-benarnya serta apabila dikemudian hari ternyata tidak sesuai, saya
bersedia untuk mepertanggung-jawabkannya.
Kawunganten, 21
September 2015
Yang Menyatakan
UMI NUROHMAH
Ketua Umum
I.
Surat
Pernyataan Kesanggupan Melaksanakan Kurikulum 2013
SURAT
PERNYATAAN
Yang
bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : UMI
NUROHMAH
Tempat tanggal lahir : Cilacap,
5 Maret 1981.
Agama : Islam.
Pekerjaan : Wiraswasta.
Jabatan : Ketua Umum Yayasan Ady Yaksa Nugraha
Alamat : Dusun Tegalsari RT 02 RW 06 Desa Kawunganten
Lor Kec. Kawunganten Kab. Cilacap KP. 53253 Telp. 0282-611188, 611616.
Dengan
ini menyatakan sanggup untuk melaksanakan Kurikulum 2013 dengan penambahan
materi tertentu dan pembiasaan tertentu di SMP IT Al Muchson Kawunganten sesuai
dengan ketentuan yang berlaku.
Demikian
surat pernyataan ini saya buat dengan sadar tanpa paksaan dan dengan
sebenar-benarnya serta apabila dikemudian hari ternyata tidak sesuai, saya
bersedia untuk mepertanggung-jawabkannya.
Kawunganten, 21
September 2015
Yang Menyatakan
UMI NUROHMAH
Ketua Umum
J.
Logo
SMP IT Al Muchson
KETERANGAN GAMBAR
Bunga Teratai Mekar : Kejayaan dan Kepoupuleran
Sudut Lima : Berazaskan Pancasila
Gambar Bintang : Ketuhanan Yang Maha Esa
Warna Kelopak Hijau : Kemakmuran dan Kedamaian
Warna Lingkaran Kuning : Kebanggan dan Prestasi
Gambar Buku : Sumber Ilmu Pengetahuan
Gambar Obor : Sumber Penerang Hati
Gambar Pena : Ketekunan dan Intelektualitas
Tulisan AKSANU : Nama Yayasan yang menaungi Sekolah
Tulisan SMP Islam Terpadu Al
Muchson : Nama
Sekolah
A.
Denah
/ Gambar Situasi Tanah dan Gedung
DENAH/GAMBAR SITUASI
TANAH
DENAH/GAMBAR SITUASI
TANAH
SMP
IT AL MUCHSON KAWUNGANTEN
A.
Denah
Formasi Kelas dan Siswa
KETERANGAN GAMBAR
Jumlah Meja Siswa : 16
buah.
Jumlah Kursi Siswa : 32
buah.
Jumlah Meja Guru : 1
buah.
Jumlah Kursi Guru : 1
buah.
Jumlah Papan Tulis : 1
buah.
LCD Proyektor : 1
buah.
Kapasitas Ruangan : 32
siswa
A.
SK
Pengangkatan Kepala Sekolah
( A K S A N U )
Jl. Raya Kawunganten Lor Kecamatan Kawunganten
Kabupaten
Cilacap Kode Pos 53253 Telp. (0282) 5501188
SURAT KEPUTUSAN
YAYASAN ADY YAKSA NUGRAHA KAWUNGANTEN
Nomor : 05.001/Kwg/IX/2015
TENTANG :
PENGANGKATAN GURU/PEGAWAI TETAP YAYASAN
PADA SMP
ISLAM TERPADU AL MUCHSON KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP
TAHUN 2015
Menimbang
: 1. Bahwa guna mencapai tujuan
pendidikan dan demi kelancaran proses kegiatan belajar mengajar di SMP IT Al Muchson Kawunganten Kabupaten
Cilacap, perlu didukung oleh adanya sistem organisasi yang berdaya guna dan
berhasil guna.
2. Bahwa
untuk maksud tersebut dipandang perlu untuk mengeluarkan dan menetapkan Surat
Keputusan Yayasan.
Mengingat : 1. Undang-undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan
Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005, tentang Standar Pendidikan Nasional.
3. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga
Yayasan Ady Yaksa Nugraha (AKSANU) Kawunganten.
Memperhatikan : Hasil keputusan Musyawarah Pengurus Yayasan Ady Yaksa Nugraha
Kawunganten, pada tanggal 14 September 2015.
MEMUTUSKAN
Menetapkan,
Pertama : Mengangkat Saudara/Saudari,
- Nama : Maskur,
S.I.P.
- Tempat Tanggal Lahir : Cilacap,
6 Juli 1969.
- Pendidikan Terakhir : S1
- Fakultas / Jurusan : Ilmu
Sosial/Ilmu Pemerintahan
- Status Kepegawaian :
Guru
Tetap Yayasan.
- Ketenagaan / Jabatan : Guru
/ Kepala Sekolah
- Tempat Mengajar : SMP
IT Al Muchson Kawunganten.
- Nomor Induk Karyawan : 2015.001.
- Ketentuan : Kepadanya diberikan
honorarium sesuai kemampuan Yayasan.
Kedua : Keputusan ini disampaikan kepada yang
bersangkutan untuk dipergunakan dengan penuh tanggungjawab, sesuai peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
Ketiga : Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal.
Keempat : Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan
dalam keputusan ini, akan dilakukan perbaikan dan perhitungan kembali
sebagaimana mestinya.
Ditetapkan di : Kawunganten
Pada Tanggal : 14 September 2015
Ketua Yayasan Sekretaris Yayasan
UMI NUROHMAH PRIYONO, S.H.
Tembusan Surat Keputusan ini disampaikan kepada :
1. Yang
Bersangkutan
2. Arsip
Sekolah
A.
Daftar
Inventarisir Sekolah
DAFTAR INVENTARISIR
SMP IT AL MUCHSON
KAWUNGANTEN
NO
|
NAMA BARANG
|
JUMLAH
|
KET
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
BENDA TIDAK BERGERAK
|
||
1.1
|
Tanah Pekarangan
|
Baik
|
|
1.2
|
Ruang Belajar
|
2
|
Baik
|
1.3
|
Ruang Kepala Sekolah
|
1
|
Baik
|
1.4
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
Baik
|
1.5
|
Ruang Tata Usaha
|
1
|
Baik
|
1.6
|
Ruang Guru
|
1
|
Baik
|
1.7
|
Laboratorium
|
1
|
Baik
|
1.8
|
Ruang Praktek Komputer
|
1
|
Baik
|
1.9
|
Ruang OSIS
|
1
|
Baik
|
1.10
|
Ruang UKS dan BP
|
1
|
Baik
|
Ruang Ibadah
|
1
|
Baik
|
|
2.
|
BENDA BERGERAK
|
||
2.1
|
Kelengkapan Ruang Belajar
Kursi Guru
Meja Guru
Kursi Siswa
Meja Siswa
Almari
Papan Tulis
Papan Absensi Siswa
LCD Proyektor
Jam Dinding
Gambar Garuda, Presiden dan Wakil Presiden
Lan-lain
|
1
1
32
16
1
1
1
1
1
1
3
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2.2
|
Kelengkapan Ruang Kepala Sekolah
Kursi
Meja
Meja Kursi Tamu
Almari
Jam Dinding
Gambar Garuda, Presiden dan Wakil Presiden
Lan-lain
|
1
1
1 set
2
1
1
4
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2.3
|
Kelengkapan Ruang Perpustakaan
Kursi Pustakawan
Meja Pustakawan
Meja Baca
Kursi Baca
Rak Buku
Rak Majalah/Koran
Almari
Jam Dinding
Gambar Garuda, Presiden dan Wakil Presiden
Lan-lain
|
1
1
4
8
3
2
2
1
1
5
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2.4
|
Kelengkapan Ruang Tata Usaha
Kursi TU
Meja TU
Kursi Layanan
Meja Kursi Tamu
Almari
Jam Dinding
Gambar Garuda, Presiden dan Wakil Presiden
Lan-lain
|
1
1
1
1
2
1
1
5
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2.5
|
Kelengkapan Ruang Guru
Kursi Guru
Meja Guru
Almari
Papan Pengumuman
Jam Dinding
Gambar Garuda, Presiden dan Wakil Presiden
Lan-lain
|
25
25
2
1
1
1
5
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2.6
|
Kelengkapan Laboratorium
Kursi Guru
Meja Guru
Kursi Praktek
Meja Praktek
Almari
Papan Tulis
LCD Proyektor
Papan Absensi Siswa
Jam Dinding
Gambar Garuda, Presiden dan Wakil Presiden
Lan-lain
|
1
1
32
6
1
1
1
1
1
1
5
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2.7
|
Kelengkapan Ruang Praktek Komputer
Kursi Guru
Meja Guru
Kursi Siswa
Meja Siswa
Almari
Papan Tulis
LCD Proyektor
Papan Absensi Siswa
Jam Dinding
Gambar Garuda, Presiden dan Wakil Presiden
Lan-lain
|
1
1
32
16
1
1
1
1
1
1
5
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2.8
|
Kelengkapan Ruang OSIS
Kursi Guru
Meja Guru
Kursi Siswa
Meja Siswa
Almari
Jam Dinding
Gambar Garuda, Presiden dan Wakil Presiden
Lan-lain
|
2
2
5
5
2
1
1
5
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2.9
|
Kelengkapan Ruang UKS dan BP
Kursi Guru
Meja Guru
Kursi Siswa
Meja Siswa
Almari
Jam Dinding
Gambar Garuda, Presiden dan Wakil Presiden
Lan-lain
|
1
1
4
2
1
1
1
4
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2.10
|
Kelengkapan Ruang Ibadah
Almari
Sajadah
Al Qur’an
Sarung
Mukena
Lain-lain
|
1
10
15
10
10
10
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
3.
|
PERLENGKAPAN PRAKTEK
|
||
A.
Pembagian
Tugas Mengajar
PEMBAGIAN TUGAS MENGAJAR
SMP IT AL MUCHSON KAWUNGANTEN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
NO
|
KODE
|
NAMA
|
MATA
PELAJARAN
|
JML
JAM
|
JABATAN
|
KET
|
1.
|
A
|
|||||
2.
|
B
|
|||||
3.
|
C
|
|||||
4.
|
D
|
|||||
5.
|
E
|
|||||
6.
|
F
|
|||||
7.
|
G
|
|||||
8.
|
H
|
|||||
9.
|
I
|
|||||
10.
|
J
|
|||||
11.
|
K
|
|||||
12.
|
L
|
|||||
13.
|
M
|
|||||
14.
|
N
|
|||||
15.
|
O
|
|||||
16.
|
P
|
|||||
17.
|
Q
|
|||||
18.
|
R
|
|||||
19.
|
S
|
|||||
20.
|
T
|
|||||
21.
|
U
|
|||||
22.
|
V
|
|||||
23.
|
W
|
|||||
24.
|
X
|
|||||
25.
|
Y
|
|||||
26.
|
Z
|
A.
Jadwal
Pelajaran
JADWAL PELAJARAN
SMP IT AL MUCHSON KAWUNGANTEN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
NO
|
WAKTU
|
HARI KELAS KODE GURU
KODE MAPEL
|
|||
SENIN
|
SELASA
|
||||
Kelas 7A
|
Kelas 7B
|
Kelas 7A
|
Kelas 7B
|
||
0
|
07.00-07.30
|
TADARUS & ASMA
UL HUSNA
|
TADARUS & ASMA
UL HUSNA
|
||
1
|
07.30-08.10
|
||||
2
|
08.10-08.50
|
||||
3
|
08.50-09.30
|
||||
4
|
09.30-10.10
|
||||
10.10-10.20
|
ISTIRAHAT
|
ISTIRAHAT
|
|||
5
|
10.20-11.00
|
||||
6
|
11.00-11.40
|
||||
7
|
11.40-12.20
|
||||
12.20-13.00
|
SHOLAT DHUHUR,
MAKAN SIANG
|
SHOLAT DHUHUR,
MAKAN SIANG
|
|||
8
|
13.00-13.40
|
||||
9
|
13.40-14.20
|
||||
10
|
14.20-15.00
|
NO
|
WAKTU
|
HARI KELAS KODE GURU
KODE MAPEL
|
|||
RABU
|
KAMIS
|
||||
Kelas 7A
|
Kelas 7B
|
Kelas 7A
|
Kelas 7B
|
||
0
|
07.00-07.30
|
TADARUS & ASMA
UL HUSNA
|
TADARUS & ASMA
UL HUSNA
|
||
1
|
07.30-08.10
|
||||
2
|
08.10-08.50
|
||||
3
|
08.50-09.30
|
||||
4
|
09.30-10.10
|
||||
10.10-10.20
|
ISTIRAHAT
|
ISTIRAHAT
|
|||
5
|
10.20-11.00
|
||||
6
|
11.00-11.40
|
||||
7
|
11.40-12.20
|
||||
12.20-13.00
|
SHOLAT DHUHUR,
MAKAN SIANG
|
SHOLAT DHUHUR,
MAKAN SIANG
|
|||
8
|
13.00-13.40
|
||||
9
|
13.40-14.20
|
||||
10
|
14.20-15.00
|
NO
|
WAKTU
|
HARI KELAS KODE GURU
KODE MAPEL
|
|
JUM’AT
|
|||
Kelas 7A
|
Kelas 7B
|
||
0
|
07.00-07.30
|
TADARUS & ASMA
UL HUSNA
|
|
1
|
07.30-08.10
|
||
2
|
08.10-08.50
|
||
3
|
08.50-09.30
|
||
4
|
09.30-10.10
|
||
10.10-10.20
|
ISTIRAHAT
|
||
5
|
10.20-11.00
|
||
6
|
11.00-11.40
|
||
11.40-13.00
|
SHOLAT JUM’AT,
MAKAN SIANG
|
||
7
|
13.00-13.40
|
Menjahit, Teknik
Kendaraan Ringan, Teknik Komputer dan Internet, Agrobisnis dan Agrowisata
|
|
8
|
13.40-14.20
|
||
9
|
14.20-15.00
|
NO
|
WAKTU
|
HARI KELAS KODE GURU
KODE MAPEL
|
|
JUM’AT
|
|||
Kelas 7A
|
Kelas 7B
|
||
0
|
07.00-07.30
|
TADARUS & ASMA
UL HUSNA
|
|
1
|
07.30-08.10
|
||
2
|
08.10-08.50
|
||
3
|
08.50-09.30
|
||
4
|
09.30-10.10
|
||
10.10-10.20
|
ISTIRAHAT
|
||
5
|
10.20-11.00
|
Menjahit, Teknik
Kendaraan Ringan, Teknik Komputer dan Internet, Agrobisnis dan Agrowisata
|
|
6
|
11.00-11.40
|
||
7
|
11.40-12.20
|
||
12.20-13.00
|
ISTIRAHAT, SHOLAT
BERJAMAAH, MAKAN SIANG
|
A.
Skema
Pembiayaan
Sumber
pendanaan pembangunan,
pengembangan, dan operasional SMP
IT Al Muchson Kawunganten akan diperoleh dari berbagai sumber yang tidak mengikat. Sumber
pendanaan
tersebut
diharapkan berasal dari:
ü Dana masyarakat,
yaitu berupa
uang
muka, SPP
dan dana-dana operasional pendidikan
lainnya;
ü Dana hibah kompetitif
untuk
pengembangan pendidikan dari pemerintah dan lembaga lain di
dalam dan di luar negeri;
ü Dana hibah dari masyarakat/organisasi,
baik
dari dalam maupun
dari luar negeri
ü Dana infaq (dan zakat porsi fisabilillah) dari masyarakat;
ü Dana yang diperoleh dari hasil kerjasama eksternal
antara Yayasan Ady Yaksa Nugraha
dengan mitra di dalam dan di luar
negeri;
ü dan sumber dana
lain-lain.
Adapun
Rencana Pembiayaan SMP IT Al Muchson Kawunganten adalah sebagai berikut :
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN
2016/2017, 2017/2018, 2018/2019.
Nama
Sekolah : SMP IT Al
Muchson Kawunganten.
Desa/Kec. : Kawungante Lor /
Kawunganten.
Kab/Kota : Cilacap.
Provinsi : Jawa Tengah.
PENERIMAAN :
A. Tahun Pelajaran 2016/2017
1. Pendaftaran
Siswa Baru :
Rp.
2. SPP Kelas
VII :
Rp.
3. Biaya
Praktek Peserta Didik :
Rp.
4. Biaya
Makan Siang Peserta Didik :
Rp.
5. Dana
Pengembangan Sekolah :
Rp.
6. Penyelenggaraan
2 UTS :
Rp.
7. Penyelenggaraan
2 UAS :
Rp.
8. Dana
BOS Pemerintah :
Rp.
9. Donatur
Tidak Mengikat :
Rp.
JUMLAH : Rp.
B. Tahun Pelajaran 2017/2018
1. Pendaftaran
Siswa Baru :
Rp.
2. SPP Kelas
VII :
Rp.
3. SPP
Kelas VIII :
Rp.
4. Biaya
Praktek Peserta Didik :
Rp.
5. Biaya
Makan Siang Peserta Didik :
Rp.
6. Dana
Pengembangan Sekolah :
Rp.
7. Penyelenggaraan
2 UTS :
Rp.
8. Penyelenggaraan
2 UAS :
Rp.
9. Dana
BOS Pemerintah :
Rp.
10. Donatur
Tidak Mengikat :
Rp.
JUMLAH : Rp.
C. Tahun Pelajaran 2018/2019
1. Pendaftaran
Siswa Baru :
Rp.
2. SPP Kelas
VII :
Rp.
3. SPP
Kelas VIII :
Rp.
4. SPP
Kelas IX :
Rp.
4. Biaya
Praktek Peserta Didik :
Rp.
5. Biaya
Makan Siang Peserta Didik :
Rp.
6. Dana
Pengembangan Sekolah :
Rp.
7. Penyelenggaraan
2 UTS :
Rp.
8. Penyelenggaraan
2 UAS :
Rp.
9. Dana
BOS Pemerintah :
Rp.
10. Donatur
Tidak Mengikat :
Rp.
JUMLAH : Rp.
Penerimaan selama tiga tahun pelajaran adalah :
Penerimaan Tahun Pelajaran 2016/2017 : Rp.
Penerimaan Tahun Pelajaran 2017/2018 : Rp.
Penerimaan Tahun Pelajaran 2018/2019 : Rp.
JUMLAH : Rp.
RINCIAN RENCANA ANGGARAN BELANJA PER BULAN :
1. Honorarium Guru Tidak Tetap
1. 56 jam
pel x 2 kelas x @Rp. 25.000 :
Rp.
2. Tunjangan
Kepala Sekolah :
Rp.
3. Tunjangan
Waka 4 x @ Rp. 50.000 :
Rp. 200.000
4. Tunjangan
Ka. Perpustakaan :
Rp.
5. Tunjangan
Ka. Laboratorium :
Rp.
6. Tunjangan
Bendahara Sekolah :
Rp.
7. Tunjangan
Wali Kelas 2 x @ Rp 30.000 :
Rp.
8. Tunjangan
BP/BK :
Rp.
9. Tunjangan
Pembina Pramuka :
Rp.
10. Tunjangan
Pembina Drum Band :
Rp.
JUMLAH : Rp.
2. Gaji Guru Tetap dan Karyawan Tetap (PP No. 51 1992)
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
GAJI
POKOK
|
TUNJ
|
JUMLAH
|
1.
|
Maskur, S.I.P.
|
Kepala Sekolah
|
150.200
|
||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
6.
|
|||||
7.
|
|||||
8.
|
|||||
9.
|
|||||
10.
|
|||||
J U M L A H
|
3. Biaya Rutin Kebutuhan Kantor
1. ATK :
Rp.
2. Telepon
dan Rek Listrik :
Rp.
3. Pengandaan
Buku Referensi Mapel :
Rp.
4. Pengadaan
Buku Perpustakaan :
Rp.
5. Minum
Guru :
Rp.
6. Pengadaan
Bahan Praktek Siswa :
Rp.
7. Lain –
lain :
Rp.
8. Cadangan
tak terduga :
Rp.
JUMLAH : Rp.
4. Keperluan Transportasi
1. Rapat
– rapat lokal dan daerah :
Rp.
2. Biaya
gotong - royong :
Rp.
3. Rapat
K3S dan iurannya :
Rp.
4. Supervisi
Pengawas :
Rp.
5. Promosi
Sekolah :
Rp.
6. Lain –
lain :
Rp.
7. Cadangan
tak terduga :
Rp.
JUMLAH : Rp.
PENGELUARAN :
A. Tahun Pelajaran 2016/2017
1. Operasional
Pendaftaran Siswa Baru :
Rp.
2. MOS :
Rp.
3. Biaya
Praktek Peserta Didik :
Rp.
4. Biaya
Makan Siang Peserta Didik :
Rp.
5. Administrasi
Kantor :
Rp.
6. Penyelenggaraan
2 UTS :
Rp.
7. Penyelenggaraan
2 UAS :
Rp.
8. Honor
Guru dan Karyawan :
Rp.
9. Keperluan
Transportasi :
Rp.
10. Biaya
pengembangan 8 Standar Pendidikan :
Rp.
11. Biaya
Promosi Sekolah :
Rp.
12. Seragam
OSIS Siswa :
Rp.
13. Seragam
Pramuka Siswa :
Rp.
14. Seragam
Identitas Sekolah :
Rp.
15. Seragam
Praktek Siswa :
Rp.
16. Seragam
Olah Raga Siswa :
Rp.
17. Cadangan :
Rp.
JUMLAH : Rp.
B. Tahun Pelajaran 2017/2018
1. Operasional
Pendaftaran Siswa Baru :
Rp.
2. MOS :
Rp.
3. Biaya
Praktek Peserta Didik :
Rp.
4. Biaya
Makan Siang Peserta Didik :
Rp.
5. Administrasi
Kantor :
Rp.
6. Penyelenggaraan
2 UTS :
Rp.
7. Penyelenggaraan
2 UAS :
Rp.
8. Honor
Guru dan Karyawan :
Rp.
9. Keperluan
Transportasi :
Rp.
10. Biaya
pengembangan 8 Standar Pendidikan :
Rp.
11. Biaya
Promosi Sekolah :
Rp.
12. Seragam
OSIS Siswa :
Rp.
13. Seragam
Pramuka Siswa :
Rp.
mas.. bisa mohon share file proposal dan berkas syarat pengajuan operasional smp it nya, kebetulan kami mau mengajukan ijin SOP SMP IT juga di jawa barat.
BalasHapusmohon di emailkan ke : komarudiniha@gmail.com
syukron jazillan
Ass. Mas/ Mbak: Suatu Publikasi yang amat berharga bagi banyak pihak yang berkepentingan dengan Rencana Pendirian SMP IT. salah satu diantaranya kami sendiri, di Jambi sedang dalam penyususunan Proposal Pendirian. Oleh karena itu kalau tidak merepotkan mohon di share File Proposal dan berkas syarat pengajuan Ijin, karena di daerah kami belum ada pengalaman bagi Pemerintah setempat. Semoga Allah mempermudahkan semua urusan kita Amin dan Semoga Mas / Mbak mendapat kemudahan urusahan dalam segala hal. Email saya : kahbrimuis@gmail.com.
BalasHapusass Bapak/ibu yang terhormat kamipun memohon agar bisa mengirimkan file tersebut untuk perizinan sekolah didaerah kami jawa Barat mohon dikirimkan ke Maulanapratama443@gmail.com sebelumnya kami ucaakan banyak terimaksih
BalasHapusSYUKRON JAZAKALLOH..............
BalasHapusKISAH CERITA SAYA ~ SUKSES JADI PNS
BalasHapusAssalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam....
ass Bapak/ibu yang terhormat, kami dari SDIT AL Hasna Klaten Jawa Tengah memohon agar bisa mengirimkan file tersebut untuk perizinan pendirian sekolah SMPIT Al Hasna, mohon dikirimkan ke alhasnasdit@yahoo.com sebelumnya kami ucapkan banyak terimaksih
BalasHapusassalamualaikum. Bapak/Ibu yang terhormat, kami dari Yayasan Pendidikan Islam Bina Sejahtera.berencana akan membangun SMP IT guna kepentingan Pendidikan. memohon agar bisa dikirimkan file proposal tersebut ke sdit.elwafa@yahoo.com. kami ucapkan terimakasih banyak. :)
BalasHapusass Bapak/ibu yang terhormat, kami dari Yayasan Pendidikan Islam Riyadhul Mubarrak Aceh memohon agar bisa mengirimkan file tersebut untuk perizinan pendirian sekolah SMA, mohon dikirimkan ke adialiraby@gmail.com sebelumnya kami ucapkan banyak terimaksih
BalasHapusassalamualaikum wr wb. sangat menginspirasi, mohon kiranya agar bisa mengirimkan file tersebut untuk periziznan pendirian sekolah SMPIT Nus Syahidat
BalasHapusyang terletak di sukoharjo jawa tengah.
email : ridwan2alharies@gmail.mail
ass Bapak/ibu yang terhormat kamipun memohon agar bisa mengirimkan file tersebut untuk perizinan sekolah didaerah kami jawa Timur mohon dikirimkan ke miqbal.tawakkal@unugiri.ac.id sebelumnya kami ucaakan banyak terimaksih
BalasHapusass Bapak/ibu yang terhormat kamipun memohon agar bisa mengirimkan file tersebut untuk perizinan sekolah didaerah kami jawa Timur mohon dikirimkan ke dihya abydihya@gmail.com sebelumnya kami ucaakan banyak terimaksih
BalasHapusassalamu'alaikum wr wb
BalasHapussangat bermanfaat pak mohon izinya pak
Assalamualaikum wr wb.
BalasHapusKami dari Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Ulum Kalisat Kabupaten Jember sangat membutuhkan file Proposal Pengajuan Pendirian SMP yang Bapat/ Ibu . alamat email kami achmatafandi2@gmail.com atau nomor WA Kami 085236299331 a.n. Achmat Afandi, S.H.I
kami membutuhkan file nya bisakah berbagi, ini email saya ayahandrewid@gmail.com
BalasHapusassalamualaikum wr. wb.
BalasHapusmaaf apakah fail proposalnya masih ada, sudikah kiranya bapak/ibu untuk mebantu kami kebetulan juga kami membutuhkan contoh froposal pendirian SMP. IT atas bantuannya kami haturkan jazaakumulllah hu hairul jazak.
Assalmu,alkm wr wb mhon bantuan coz mu ngjuin izin smp
BalasHapusassalamualaikum, bpk/ibu setelah mungkin bisa berbagi file proposalnya, kami dari yayasan wali songo muara padang kab. banyuasin akan mendirikan smp it dan sangat membutuhkan panduan file porposal ini,bisa dikirimkan di email: yayasanwalisongo18@gmai.com
BalasHapusterima kasih, sangat bermanfaat
BalasHapusAssalamu'alaikum mohn izin untuk mengkopi terima kasih
BalasHapusAssalamualaikum wr wb.
BalasHapusKami dari Yayasan Pendidikan Islam Al Razy Kabupaten Blora sangat membutuhkan file Proposal Pengajuan Pendirian SMP IT sebagaimana yang Bapat/ Ibu upload diatas. Mohon sekiranya berkenan mengirimkan ke alamat email kami nanangjokosulistyono@gmail.com atau nomor WA Kami 082150472806 a.n. Nanang Joko Sulistyono, S.Pd.,M.Adm.SDA. Demikian kami ucapkan terima kasih
Assalamu'alaikum wr.wb. ijin artikel ini untuk kami jadikan referensi membuat proposal pendirian SMP IT. Terimakasih
BalasHapusAssalamualaikum mas atau mbak nya, suatu kehormatan bagi saya dari medan yg berencana mendirikan SMP IT juga, jika mas berkenan membagikan file proposal ini kepada saya, semoga Allah membalas segala amal baik saudara aamiin, email saya agustami100594@gmail.com
BalasHapus